Penerapan Metode Topsis Pada Kualifikasi Peserta Sertifikasi Guru

Sufiatul Maryana, Andi Mulyono

Abstract


Sertifikasi guru adalah salah suatu upaya pemerintah dalam rangka peningkatan mutu dan uji kompetensi tenaga pendidik. Proses kualifikasi peserta sertifikasi guru pada Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Ciemas yang sebelumnya masih menggunakan cara manual dengan cara membandingkan satu persatu berkas peserta sertifikasi, hal ini menyebabkan banyak kendala diantaranya memakan waktu yang lama atau hilangya berkas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sistem pendukung keputusan kualifikasi peserta sertiifkasi guru menggunakan metode TOPSIS (Technique For Order Preference by Similarity to Ideal Solution). Sistem pendukung keputusan kualifikasi peserta sertiifkasi guru ini dapat memudahkan dalam memprediksi kelayakan guru untuk menjadi peserta sertifikasi guru. Sistem pendukung keputusan kualifikasi peserta sertifikasi guru ini dirancang menggunakan Diagram Konteks, DFD (Data Flow Diagram), ERD (Entity Relationship Diagram) dan flowchart. Implementasi dari penelitian ini dengan Adobe Dreamweaver CS6 dan PHP sebagai bahasa pemrograman serta MySql sebagai database sistem.

Keywords


Sertifikasi guru, TOPSIS, MySql, Adobe Dreamweaver CS6.

References


[1] Ariyadi. 2013. Sistem pendukung keputusan Seleksi Penerima Beasiswa Pada SMA 1 Boja Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP).Fakultas Ilmu Komputer. Sistem Informasi. Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.

[2] Bambang Hariyanto. 2004. Sistem Manajemen Basis Data. Informatika. Bandung. [3] Didik Dwi Prasetyo. 2004. Solusi Pemrograman berbasis Web menggunakan PHP

  1. Elex Media Komputindo. Jakarta.

[4] Efraim Turban, Jay E Aronson. 2001. Decision Support System. Andi. Yogyakarta. [5] Esteriani. 2014. Implementasi metode wighted product dalam sistem pendukung

keputusan seleksi penerima tunjangan profesi guru di Kabupaten Ngawi. Teknik informatika.Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.

[6] Jeprie Mohammad. 2013. Cara Mudah belajar Pemrograman Web dengan PHP. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.

[7] Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta.

[8] Kementrian pendidikan dan kebudayaan. 2013. Pedoman penetapan peserta.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan. Jakarta

[9] Kusumadewi, dkk. 2006. Fuzzy Multiple-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM).

Graha Ilmu. Yogyakarta.

[10] UPTD Pendidikan. 2015. Arsip Laporan Bulanan. Tata Usaha. Ciemas


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/komputasi.v13i2.147 Abstract views : 1073 views : 1016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.