INTEGRASI SIMULASI DALAM AUGMENTED REALITY PADA SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

Selo Aji, Eneng Tita Tosida, Aries Maesya

Abstract


Sistem pernapasan adalah proses mengambil oksigen, melepaskan CO2 dan menggunakan energi yang dihasilkan. Sistem pernapasan terdiri dari rongga hidung, faring, laring, trakea, cabang bronkial, dan paru-paru. Sistem pernapsan pada manusia dapat dipelajari secara langsung dan tidak langsung. Namun, sumber belajar ini kurang menarik dan kurang interaktif. Oleh karena itu teknologi Augmented reality (AR) adalah solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi menggunakan teknologi augmented reality Tracking Markerkess Based dengan mengintegrasikan simulasi pernaapasan dengan animasi 3d. Sehingga memanfaatkan fitur kamera pada perangkat smartphone untuk mendeteksi permukaan datar, simuali animasi 3D akan muncul. Augmented reality adalah penggabungan suatu objek yang ada di dunia nyata (virtual) ke duania nyata dalam bentuk 2D atau 3D yang dapat dilihat dan didengar secara real time. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Markerless Based Tracking. Aplikasi integrase simulai dalam system pernapasan manusia augmented reality dapat digunakan oelh siswa, mahasiswa, generasi milenial dan masyarakat umum, sehingga memanfaatkan fitur kamera pada perangkat smartphone untuk mendeteksi permukaan data, simulasi animasi 3D akan muncul. Aplikasi ini akan berjalan pada platform mobile Android 7.0 (Nougeat) dan mendukung ArCore dengan kapasitas aplikasi 36,4MB.

Keywords


augmented reality (AR), markerless based tracking, respiratory sistem

References


Setiadi. 2007. Anatomi Fisiologi Manusia Edisi Pertama. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Vitono, H., Nasution, H., dan Anra, H. 2016. Implementasi Markerless Augmented Reality Sebagai Media Informasi Koleksi Museum Berbasis Android (Studi Kasus : Museum Kalimantan Barat). Jurnal Teknik Informatika, 4(2) Program Studi Teknik Informatika. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Tosida, E, T., Walujo, A, D., Ardiansyah, D., dan Yuliani. 2018. Media Belajar Batik Berbasis Teknologi Augmented Reality. Prosiding Seminar Ilmiah Nasional Tanggal 27-28.

Oxforddictionaries. 2013. Definion of Smartphone. https://en.oxforddictionar- ies.com/definition/smartphone di akses pada 14 Maret 2019 jam 11.45 WIB.

Tosida, E, T., Walujo, A, D., Suriyansyah, M, I., Bayu, H., dan Nurfazri, R. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Digital Kolaboratif Edu Wisata Situ Gede. Charity Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(7).

Yanti, S, N., Setiyaningsih, E., dan Sasono, M, H. 2015. Augmented Reality Pada Aplikasi Anatomi Tubuh Manusia (Sistem Reproduksi, Sistem Pencernaan, Sistem Peredaran Darah) Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika ISBN 978-602-99334-4-4. Program Studi Teknik Informatika. Fakultas Teknologi Industri. Universitas Gunadarma.

Kilgus, T., Heim, E., Haase, S., Prufer, S., Muller, M., Seitel, A., Fangerau, M., Wiebe, T., Iszatt, J., Schlemmer, H, P., Hornegger, J., Yen, K., Hein, L, M. 2015. Mobile Markerless Augmented Reality and its Application in Forensic Medicine. Institute for Forensic Medicine and Traffic Medicine, Heidelberg University Hospital, Heidelberg, Germany.

Kiourexidou, M., Natsis, K., Bamidis, P., Antonopoulos, N., Papathanasiou, E., Sgantzos, M., Veglis, A. 2015. Augmented Reality for the Study of Human Heart Anatomy. International Journal of Electronics Communication and Computer Engineering Volume 6, Issue 6, ISSN (Online): 2249071X, ISSN (Print): 22784209. Department of Anatomy. Medical School Aristotle. University of Thessaloniki. Yunani.

Layona, R., Yulianto, B., Tunardi, Y. 2018. Web Based Augmented Reality for Human Body Anatomy Learning. Procedia Computer Science 135 (2018) 457464. Computer Science Department, School of Computer Science, Bina Nusantara University, Jakarta.

Kurniawan, M, H., Suharjito., Diana., Witjaksono, G. 2018. Human Anatomy Learning

Systems Using Augmented Reality on Mobile Application. Procedia Computer Science 135 (2018) 80.

Harrell, C., B. K. Ghosh and R.O. Bowden, Jr. 2003. Simulation Using Promodel, 2nd ed. McGraw-Hill. Singapore.

Huda, I., dan Fuadi, Y. 2019. Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Aplikasi Media Pembelajaran Mikrokontroler Berbasis Android Dengan Paltform ARCore. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Volume 17, Nomor 1, ISSN 1693-2277. Departemen Teknik Elektro dan Informatika. UGM. Yogyakarta.

Lestari, E, S., dan Kistinnah, I. 2010. Makhluk Hidup dan Lingkungannya, Buku Ajar SMA/MA Kelas XI. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/komputasi.v16i1.1592 Abstract views : 10808 views : 4112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.