PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PROSES BISNIS PERUSAHAAN FARMASI

Julia Ratnawulan Skawanti

Abstract


Kompetisi yang ketat di dunia usaha saat ini, menuntut perusahaan untuk melakukan terobosan dan inovasi baru serta menggunakan seluruh sarana dan teknologi yang tersedia agar dapat mempertahankan pasar dan konsumen yang dimiliki. Sistem informasi menjadi bagian penting dari perusahan sebagai penunjang kinerjanya. Perusahaan yang bergerak dibidang farmasi selalu berusaha untuk meningkatkan kemampuan bersaing. Penelitian dilakukan untuk membuat perencanaan strategi sistem dan teknologi informasi yang dapat mendukung proses bisnis perusahaan. Metode penelitian dilakukan dengan cara wawancara, kuesioner, observasi dan studi pustaka. Analisis strategi menggunakan metode analisis PEST, SWOT, BSC, Value Chain dan CSF. Adapun perencanaan strategi menggunakan Tahapan Kerangka Kerja PSSI versi Ward and Peppard. Hasil yang dicapai adalah kerangka perencanaan strategi yang terintegrasi sehingga memudahkan mengelola sumberdaya untuk menghasilkan informasi yang akurat dan dapat digunakan secara bersama oleh semua pihak. Kesimpulan penelitian adalah membangun sistem informasi berbasis komputer yang dapat memdukung proses bisnis.


Keywords


perencanaan strategis informasi, sistem informasi, SWOT, BSC, CSF

References


Ward, J. Peppard,J. 2003. Strategic Planning For Information Strategy, 3rd ed. John willey & sons, LTD, England

Amaliah, N., Herawati, Y. T., Witcahyo, E., Administrasi, B., & Masyarakat, F. K. 2017. Analisis SWOT di Instalasi Gawat Darurat ( IGD ) Rumah Sakit Fathma Medika Gresik untuk Meningkatkan Kunjungan Tahun 2016 SWOT Analysis in the Emergency Room ( ER ) of Fathma Medika Hospital Gresik in Order to Increasing Visits 2016. Jurnal Pustaka Kesehatan. 5(2), 223230.

Kaplan, R. S. and Norton, D. P. 1992. The Balanced Scorecard Measures that drives performanceâ€, Harvard business review, Jan-Feb 1992, p. 71-79

Rangkuti, Freddy. 2005. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Kusumawardani, N.D., Mursityo, Y.T., Rokhmawati, R.I. 2019. Evaluasi Critical Success Factors Pada Implementasi Sistem Informasi Supply Chain Management (ALISTA ) Menggunakan Metode Dematel Pada PT Telkom Akases Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 3(5), 43164326.

Sari, M. 2016. Perancangan Balanced Scorecard sebagai Pengukuran Kinerja pada PT Asuransi MSIG Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis. 15(1), 140153.

Aryane. 2015. Pengaruh Penerapan Pengukuran Kinerja Berbasis Balanced Scored Terhadap Kinerja Manajer (Studi Kasus pada Yayasan Pendidikan Telkom). 2(3), 23812393.

Darmanto, E. 2015. Analisa Optimalisasi Bahasa Sql Berdasarkan Relational Algebra Pada Kasus Rekapitulasi Mahasiswa Layak Wisuda. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 6(2), 405. https://doi.org/10.24176/simet.v6i2.479.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/komputasi.v16i1.1593 Abstract views : 1124 views : 713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.