Pemantauan Kesehatan Gizi Ibu Hamil Dilihat dari Pertambahan Berat Badan dan Pengukuran Lingkar Lengan Atas (LILA) Berbasis E-Digital

Yuli Wahyuni, Akbar Sugih Miftahul Huda

Abstract


Pengukuran LILA pada kelompok wanita usia subur (WUS) baik ibu hamil merupakan salah satu cara deteksi dini yang mudah dan dapat dilaksanakan oleh masyarakat awam, untuk mengetahui kelompok beresiko KEK. KEK merupakan keadaan dimana ibu penderita kekurangan makanan yang berlangsung menahun (kronis) yang mengakibatkan timbulnya gangguan kesehatan pada ibu. Selama ini sistem pencatatan ibu hamil di posyandu masih menggunakan sistem manual yaitu data ibu hamil yang diperoleh masih menggunakan kalkulator untuk mengetahui kondisi kategori ibu hamil selain itu data yang digunakan untuk mengarsif data masih menggunakan buku dan Microsoft excel hal ini sangat menyulitkan petugas posyandu apabila mau mencari data ibu hamil dan kesulitan dalam melakukan laporan karena data tidak disimpan dengan baik. Data seperti ini sangat rawan kehilangan data dan kerusakan data apabila suatu waktu dibutuhkan lagi. Penelitian ini telah berhasil dilakukan yang dapat menyimpan data pada cloud berupa data-data ibu hamil berupa tambahan data pasien, edit data, hapus data dan pencarian data selain itu pada tampilan website dapat menampilkan halaman login, dashboard, data interpretasi, halaman data pasien, halaman perhitungan data pasien, halaman edit data pasien.

 


Keywords


gizi, ibu hamil, LILA, cloud

References


W. KRISTIYANASARI, Gizi Ibu Hamil. Yogyakarta: Nuha Medika, 2016.

Z. R. and Joeharno, Pathway BBLR (Berat Badan Lahir Rendah),†2006. [Online]. Dapat diakses di: https://blogjoeharno.blogspot.com/2008/05/berat-badan-lahir-rendah-bblr.html. [Diakses: 20-Apr-2013].

I. D. N. Supariasa, B. Bakri, and I. Fajar, Penilaian Status Gizi, Edisi kedu. Jakarta: EGC, 2016.

Y. B. Adhi, Ukuran Lingkar Lengan Atas (LILA) Ibu Hamil dan Kejadian Bayi Berat Badan Lahir Rendah (BBLR). 2010.

F. J. Zeman and D. M. Ney, Applications of Clinical Nutrition. Pearson College Div, 1988.

U. D. Arni, Karakteristik Cloud Computing,†Computing, 2011. [Online]. Dapat diakses di: https://garudacyber.co.id/artikel/1453-karakteristik-cloud-computing. [Diakses: 05-May-2019].

B. K. Williams and S. C. Sawyer, Using information technology a practical introduction to computers & communications : Complete version, 9th ed. New York: NY McGraw-Hill, 2011.

Sutarman, Membangun aplikasi web dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.

W. Kim, Cloud computing architecture,†Int. J. Web Grid Serv., vol. 9, no. 3, pp. 287303, 2013.

K. Rabah, Build Your Own Private Cloud Using Ubuntu 10.04 Eucalyptus Enterprise Cloud Computing Platform, First Edit. Vancouver Canada: Global Open Versity, 2013.

M. Sharma, Cloud Computing Architecture& Services,†IOSR J. Comput. Eng., vol. 19, no. 02, pp. 1318, 2017.

J. Hurwitz, R. Bloor, M. Kaufman, and F. Halper, Cloud Computing For Dummies. 2010.

A. P. Widodo, Pemrogram WEB Jeda.†[Online]. Dapat diakses di: https://www.scribd.com/doc/11382213/Pemrogram-WEB-Jeda. [Diakses: 05-May-2019].

Anhar, Panduan Menguasai PHP dan MySQL secara Otodidak. Jakarta: MediaKita, 2010.

A. P. Basuki, Membangun Web Berbasis PHP Dgn Framework CodeIgniter. Lokomedia, PT, 2010.

K. Abdul, Dasar pemrograman Java 2. Yogyakarta: Andi, 2005.

S. Pahlevi, tujuh langkah praktis pembangunan basis data. 2013.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/komputasi.v16i1.1594 Abstract views : 5817 views : 27184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.