IMPLEMENTASI DATA MINING PENJUALAN OBAT DALAM MEMPREDIKSI STOK BARANG MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI

Ruhul Amin

Abstract


PT. Kimia Farma adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri farmasi Indonesia, Kimia Farma sangat diperhitungkan kiprahnya khususnya dalam pembangunan kesehatan masyarakat Indonesia. Dalam persaingan didunia bisnis, khususnya Apotek, para pengembang menemukan suatu strategi jitu yang dapat meningkatkan penjualan obat. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan tetap tersediaannya berbagai jenis obat yang dibutuhkan oleh konsumen. Penerapan Algoritma Apriori dapat membantu dalam kandidat kombinasi item, jika memenuhi parameter support dan confidence maka hasil tersebut dapat membantu dalam pola pembelian obat.


Keywords


Produk Obat, Penjualan, Algoritma Apriori

References


Astuti, F. (2013). Data Mining. (P. Christian, Ed.).

Hutahaean, H., Sinaga, B., & Rajagukguk, A. (2016). ANALISA DAN PERANCANGAN APLIKASI ALGORITMA APRIORI UNTUK KORELASI PENJUALAN PRODUK ( STUDI KASUS : APOTIK DIORY FARMA ), 1(1), 713.

Kusrini, & Taufiq, E. (2009). Algoritma Data Mining. (T. A. Prabawati, Ed.). Andi Yogyakarta.

Nofriansyah, D. (2014). KONSEP DATA MINING VS SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN. deepublish.

Sholik, M., & Salam, A. (2018). Implementasi Algoritma Apriori untuk Mencari Asosiasi Barang yang Dijual di E-commerce OrderMas, 17(2), 158170.

Sujarweni, W. (2019). METODOLOGI PENELITIAN. PUSTAKABARUPRESS.

Widayu, H., Darma, S., Silalahi, N., & Mesran. (2017). DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI JENIS TRANSAKSI NASABAH PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DENGAN ALGORITMA C4.5, 1(2), 3237.

Yanto, R., & Khoiriah, R. (2015). Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat, 102113.




DOI: 10.33751/komputasi.v17i2.1679 Abstract views : 62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.