IMPLEMENTASI WEIGHT PRODUCT MODEL (WPM) DALAM MEMILIH JENIS ASURANSI

Siska Andriani, Dinar Munggaran Akhmad, Muhammad Ulya

Abstract


Asuransi merupakan suatu alat untuk mengurangi risiko keuangan, dengan cara pengumpulan unit-unit exposure dalam jumlah yang memadai, untuk membuat agar kerugian individu dapat diperkirakan. Dalam menentukan pilihan pada suatu produk atau jenis asuransi, kerap sekali ditemukan kasus-kasus atau masalah-masalah yang dihadapi oleh calon nasabah, seperti salah memilih jenis asuransi yang akhirnya akan menimbulkan rasa ketidakpuasan terhadap suatu layanan asuransi yang dipilih. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman dari nasabah terhadap detail dan kegunaan dari produk-produk yang ditawarkan, dan bila hal itu terus berlanjut, maka akan ada banyak nasabah yang merasa bahwa pelayanan yang didapatkan tidak cocok bahkan tidak memuaskan yang pada akhirnya nasabah tersebut tidak ingin memakai lagi jasa asuransi tersebut dikemudian hari. penelitian ini adalah merancang dan mengimplementasikan Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Untuk Pemilihan Jenis Asuransi Bagi Calon Nasabah Dengan Metode Weighted Product. Nasabah akan mendapatkan hasil keputusan untuk menentukan jenis asuransi menggunakan metode weight product.


Keywords


Asuransi, Nasabah, Weight Product Model

References


Umam, K. Memahami & Memilih Produk Asuransi. Media Pressindo. 2018

Danarti, Dessy. Jurus Pintar Asuransi Agar Anda Tenang, Aman dan Nyaman. G.media. Jakarta. 2011

Lestari. 2013. Penerapan Metode Weighted Product Untuk Seleksi Calon Karyawan. Jurnal Sistem Informasi(JSI), Vol.5; No. 1, Palembang.

Welta Devis, Dyna Marisa Khairina,Heliza Rahmania Hatta, 2016 Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Untuk Pemilihan Produk Asuransi Bagi Calon Nasabah (Weighted Product)â€, ISBN: 978-602- 72658-1-3, Samarinda, Maret 2016

Sulindawaty, Sulindawaty, and Bosker NUSANTARA Sinaga. "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Asuransi Dengan Metode Weighted Product Dan Weighted Sum Model." Jurnal Mantik Penusa 1.2 (2017).


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/komputasi.v18i1.2397 Abstract views : 525 views : 685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.