Sistem Decision Support System Peningkatan Efektifitas Asupan Gizi Ibu Hamil

Yuli Wahyuni, Michael Ardita

Abstract


Pengambilan keputusan pemilihan kebutuhan gizi ibu hamil. berbeda-beda antara ibu hamil yang satu dan yang lain dalam mengasup makanan dirinya dan janin. Faktor-faktor gizi ibu hamil dasarnya sama, namun tingkat nilai faktor gizi berbeda-beda, sehingga mutu atau kualitas dari gizi juga berbeda. Dari permasalahn tersebut maka pemilihan gizi menjadi sulit, sehingga para pakar gizi membutuhkan sistem yang dapat membatu menganalisa secara cepat, tepat, mudah, efektif dan efisien dalam menentukan keputusan terbaik dari berbagai alternatif pilihan  kualitas zat-zat gizi.

Contoh kasus tersebut dikategorikan kasus multikriteria. Metode pengambilan keputusan multikriteria yaitu Analytical Hierarchy Prosess (AHP), dimana faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan dianalisa dalam struktur permasalahan berjenjang dengan menilai dan membuat ranking alternatif keputusan. Sistem terkomputerisasi Decision Support System (DSS) mengkombinasikan data dan model analitis untuk masalah semiterstruktur atau tidak terstruktur.

Pada penelitian ini perancangan DSS menggunakan motode AHP, pembuatan aplikasi menggunakan MS Access sebagai DBMS subsistem database dan sedangkan Microsoft Excel pada subsistem model dan proses perhitungan diintegrasikan melalui VBA (Visual Basic For Aplication),  untuk menyelesaikan masalah tersebut, tanpa mencakup langkah pemeliharaan (maintenance) dan adaptasi (adaptation). Pada penelitian DSS yang dirancang bukan untuk mengambil keputusan, namun sebagai sarana yang membantu untuk pendukung pengambilan keputusan.


Keywords


Gizi, Ibu Hamil, AHP

References


[1] Agustina, Sherly, (2003), Analytical Hierarchy Process untuk Sistem Penggajian Pegawai, Tugas Akhir, Teknik Informatika STIKI Malang

[2] Arisman, 2003, Gizi Dalam Daur Kehidupan, EGC, Jakarta

[3] Daihani, Dadan U, 2001, Komputerisasi Pengambilan Keputusan, PT Elexmedia Komputindo, Jakarta

[4] Hertanto, 2005, Anemia dan Status Gizi Mikro Pada Ibu Hamil, Seminar Nasional, Ilmu Kesehatan Masyarakat

[5] Patimah, Pola Konsumsi Ibu Hamil dan Hubungannya Dengan Kejadian Anemia Defisiensi Besi, J. Sains dan Teknologi, 2007, Vol 7, 137-152.

[6] Wahyuni Y, Santoso BP, Nurwasito H, Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Gizi Ibu Hamil Menggunakan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process), J. Pengembangan Manajemen Informatika & Komputer, 2010, Vol 1, No 2, 116-127.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 KOMPUTASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.