GAME EDUKASI SENYAWA IONIK SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN FINITE STATE MACHINE

Retnani Latifah, Ilham Azis, Rita Dewi Risanty

Abstract


Senyawa ionik merupakan salah satu bentuk senyawa kimia yang memiliki muatan dan berjumlah cukup banyak sehingga beberapa orang kesulitan untuk mempelajari. Meskipun beberapa game edukasi kimia sudah dikembangkan, namun yang berfokus pada senyawa ionik cukup jarang ditemukan. Demikian juga dengan game edukasi kimia yang memanfaatkan adanya agen cerdas untuk membuat game menjadi lebih interaktif dan bertipe petualangan. Penelitian ini mengembangkan suatu game edukasi senyawa ionik berbasis android yang memiliki sebuah agen cerdas sebagai non-player character (NPC) yang perilaku otomatisnya dirancang menggunakan metode Finite State Machine (FSM). Dari hasil pengujian diperoleh bahwa agen cerdas sudah berjalan sesuai dengan rancangan FSM dan semua fungsi juga bekerja sesuai harapan dengan kendala minor. Selain itu, responden juga menyebutkan bahwa game ini dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran dengan reliabilitas kuesioner mencapai 0.854, walaupun tingkat kemudahannya masih perlu ditingkatkan.

Keywords


game edukasi; senyawa ionik; finite state machine; senyawa kimia

References


A.-N. Lay and K. Osman, Developing 21 st Century Chemistry Learning through Designing Digital Games,†J. Educ. Sci. Environ. Heal., vol. 4, no. 1, 2018, doi: 10.21891/jeseh.387499.

J. Winter, M. Wentzel, and S. Ahluwalia, Chairs!: A Mobile Game for Organic Chemistry Students to Learn the Ring Flip of Cyclohexane,†J. Chem. Educ., vol. 93, no. 9, pp. 16571659, 2016, doi: 10.1021/acs.jchemed.5b00872.

D. Handayani and R. Agustini, Pengembangan Permainan Tebak Kata sebagai Media Pembelajaran pada Materi Kimia Unsur,†Unesa J. Chem. Educ., vol. 53, no. 9, pp. 16891699, 2019, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

D. Harwanto et al., Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Unsur Dan Senyawa Kimia,†vol. 14, no. 1, pp. 6370, 2019, doi: 10.35793/jti.14.1.2019.23838.

D. A. Maryanto, I. Mulyana, and A. Qur, Penerapan Teknik Neuro Language Programe Of Metaphor pada Media Pembelajaran Fisika Melalui Cerita Kartun Berbasis Multimedia,†J. Komputasi J. Ilm. Komput. dan Mat., vol. 13, no. 2, 2016.

S. Wardani, L. Lindawati, and S. B. W. Kusuma, The development of inquiry by using android-system-based chemistry board game to improve learning outcome and critical thinking ability,†J. Pendidik. IPA Indones., vol. 6, no. 2, pp. 196205, 2017, doi: 10.15294/jpii.v6i2.8360.

A. Mardhiah and S. A. Akbar, Kerjasama Siswa Dalam Pembelajaran Melalui Media Game Edukasi (TTS Kimia),†J. Pendidik. Kim., vol. 1, no. December, pp. 147150, 2017.

U. Cahyana, M. Paristiowati, M. F. Nurhadi, and S. N. Hasyrin, Studi Tentang Motivasi Belajar Siswa Pada Penggunaan Media Mobile Game Base Learning Dalam Pembelajaran Laju Reaksi Kimia,†JTP-Jurnal Teknol. Pendidik., vol. 19, no. 2, pp. 143155, 2017.

M. N. Wildana, Keefektifan Desain Media Role Playing Games Berbasis Android Pada Materi Redoks Dan Tata Nama Senyawa,†J. Inov. Pendidik. Kim., vol. 14, no. 1, pp. 25242535, 2020.

N. Fatimah and R. Hidayah, International Journal of Active Learning The Development of CIHOE Game As A Learning Media In The Elemental Chemistry Material,†Int. J. Act. Learn., vol. 6, no. 2, pp. 4957, 2021, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal.

H. Tito, Bimantoro1, Hanny, Pemodelan Perilaku Musuh Menggunakan Finite State Machine (FSM) Pada Game Pengenalan Unsur Kimia,†Appl. Intell. Syst., vol. Vol.1, No., no. 3, pp. 210219, 2016.

A.- Yasthophi and P. S. Ritonga, MISKONSEPSI MAHASISWA MENGENAI IKATAN ION DALAM SENYAWA NaCl,†Konfigurasi J. Pendidik. Kim. dan Terap., vol. 1, no. 2, p. 195, 2018, doi: 10.24014/konfigurasi.v1i2.4306.

H. Haryanto, Reward Dinamis dalam Skenario Adaptif Menggunakan Metode Finite State Machine pada Game Edukasi,†J. Appl. Intell. Syst., vol. 1, no. 2, pp. 144153, 2016.

A. Fauzi and A. Ariesta, Penerapan Metode Finite State Machine Pada Pembuatan Map Dungeon Pada Game Rpg ‘ Temukan Jalanmu ,†vol. 15, no. 2, pp. 107114, 2019.

M. F. Rahadian, A. Suyatno, and S. Maharani, Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game ‘The Relationship,†Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 11, no. 1, p. 14, 2016, doi: 10.30872/jim.v11i1.198.

B. Armedianto Putro, J. Dedy Irawan, and S. Adi Wibowo, Kombinasi Metode Finite State Machine Dan Fuzzy Pada Game Escape From Punk Hazard,†JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 7178, 2021, doi: 10.36040/jati.v5i1.3276.

M. K. Aulia, A. Mahmudi, and S. Achmadi, Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game Pandemic Nightmare Berbasis Android,†J. Mhs. Tek. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 291298, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.uksw.edu/jms/article/view/4432.

A. Saepulrohman and T. P. Negara, Implementasi Algoritma Tanda Tangan Digital Berbasis Kriptografi Kurva Eliptik Diffie-Hellman,†J. Ilm. Ilmu Komput. dan Mat., vol. 18, no. 1, pp. 2228, 2021.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/komputasi.v18i2.3629 Abstract views : 1227 views : 697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.