Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Bangun Datar

Najhan Azkia, Dendy Saeful Zen, Pujiati Pujiati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran problem-based learning dan discovery learning terhadap hasil belajar matematika bangun datar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi. Penelitian diimplementasikan pada siswa kelas empat di sekolah dasar negeri. Instrumen penelitian menggunakan instrumen pretest dan posttest terkait matematika bangun datar yang menghasilkan perhitungan N-Gain untuk model problem-based learning sebesar 83 dengan kriteria tinggi dan nilai N-Gain model discovery learning sebesar 68 dengan kriteria sedang. Sehingga N-Gain pada kelas eksperimen dengan model problem-based learning lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol dengan model discovery learning. Peneliti juga melakukan uji normalitas dengan uji lilliefors kedua sampel berdistribusi normal karena nilai kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogen.. Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat dinyatakan bahwa model problem-based learning dan discovery learning memiliki perbedaan terhadap hasil belajar matematika bangun datar, dengan kata lain bawa model problem-based learning lebih efektif daripada model discovery learning pada materi bangun datar.

Keywords


Discovery Learning; Hasil Belajar Matematika; Problem Based Learning

References


Anggelina, P., & Harjono, N. (2022). Perbedaan Efektivitas Model Problem Based Learning dan Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9695–9705. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4164

Anggraini, D., & Napitupulu, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Buku Fabel Materi Bangun Datar Kelas IV. Penelitian Pendidikan, 02(01), 98–110. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/view/1756

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2022). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. Diffraction, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416

Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67–72. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811

Ikawati, I., & Wardana, M., D., K. (2022). Konsep Bangun Datar Sekolah Dasar pada Struktur Candi Pari Sidoarjo. Jurnal Basicedu, 6(5), 8188–8198. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3776

Indah, R., P., & Farida, A. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 41–47. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1641

Irawati, I., Ilhamdi, M., L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202

Isma, N., Ayu, S., & Wahyu, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X SMA Negeri 14 Maros. 11(1), 181–186. https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i1.

Mainake, P. N., Laamena, C. M., & Gaspersz, M. (2021). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(03), 11-17.

Ningrum, I. D. A., Swastika, A., & Cahyo, A. N. (2024). The Effect of the PBL Model on Learning Outcomes Viewed from Mathematical Communication Ability of Students. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 8(1), 30-39.

Nurramadhani, A., Riandi, Permanasari, A., & Suwarma, I. R. (2024). STEM based Project Learning: How It Affects Preservice Science Teacher’s Creativity Before, During, and After Pandemic Covid-19?. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 9(1), 29-39. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v9i1.5980

Pilka, W., H., & Ahmad, S., (2020). Problem Based Learning Sebagai Model untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Tambusai. 4 (2), 1347-1360.

Rahayu, S, .T., Saputra, D., S., Susilo, S., V., (2019). Pentingnya Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 448-454.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Supriyatin, T., & Arfa, A., N. (2023). Pengaruh Discovery Learning dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Metakognisi Matematika Siswa di SMP N 17 Jakarta. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 6(2), 214–221. https://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/15088%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/download/15088/pdf

Tanhara, A., Santa, & Dwiastuti, S. R. (2023). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2352–2361. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.979.

Widiyana, L. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 4 PekanBaru. Jurnal Pendidikan Cermin Profesionalitas, 7(2), 74-78.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v16i1.10021 Abstract views : 70 views : 51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Pujiati Pujiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.