MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI EDMODO DALAM MASA PANDEMI

Musdalifa Nur

Abstract


Media pembelajaran E-learning  sedang marak digunakan saat masa pandemi seperti saat ini, dimana ada banyak sekali aplikasi-aplikasi/Platform yang bisa kita jadikan sebagai media pembelajaran E-learning. Salah satunya adalah Edmodo. Edmodo mampu digunakan sebagai media pembelajaran E-learning yang bisa digunakan dalam mengefektifkan proses belajar mengajar yang dilakukan secara Online  saat ini. tidak hanya itu, Edmodo adalah aplikasi yang bisa digunakan dengan Samrtphone, mudah diaplikasikan bagi guru/tenag apendidik juga bagi siswa, tidak hanya itu orang tua juga mampu memantau perkembangan proses pembelajaran anak-anaknya. Pada penelitian kali ini  peneliti membahas terkait 1). Tata cara penggunaana aplikasi Edmodo dalam Media pembelajaran E-learning, 2). Pemanfaatan aplikasi Edmodo dalam media Pembelajaran E-Learning. Metode yang digunakan adalah deskriptif, dengan menjelaskan secara jelas dan tepat terkait tata cara/pemakaian hingga pemanfaatan Aplikasi Edmodo dalam media Pembelajaran E-learning. Yang menghasilkan kesimpulan bahwa Edmodo mampu memberikan fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan oleh guru dalam mengelola materi ajaran, membuat tugas serta hal-hal yang bisa mendukung jalannya proses pembelajaran, tidak hanya itu penggunaan aplikasi ini cenderung mudah dipahami serta mampu meningkatkan kreatifitas dalam proses pembelajaran, tanpa meninggalkan suatu yang penting yaitu peran orang tua dalam proses pembelajaran sang anak juga diikutsertakan dalam fitur di Edmodo,  dibalik kelebihan pasti ada kelemahannya, tetapi pihak Edmodo selalu memberikan sebuah solusi serta meningkatkan kualitas aplikasinya.


Keywords


media pembelajaran E-learning; Edmodo.

References


Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Fitriasari, P. (2016). Aplikasi Edmodo Sebagai Media Pembelajaran E-Learning. Prosiding PPs. 26 November 2016

Kamila, N. Z. (2016). Fakultas bahasa dan seni universitas negeri semarang 2015. Unnes, 145146.

Mastura, & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa Pendahuluan. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289295.

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 4348. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262/3180

Tribunnews. (2020, Juni 14). Update Corona Indonesia 15 Juni: Bertambah 1.017 Pasien, Total 39.294 Kasus Positif, 15.123 Sembuh. Diakses dari https://www.tribunnews.com/corona/2020/06/15/update-corona-indonesia-15-juni-bertambah-1017-pasien-total-39294-kasus-positif-15123-sembuh

Zainal, Z., Asriyati, N., dan Syahrudin, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Elektronik Menggunakan Edmodo Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 8(12).


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v13i1.2743 Abstract views : 2269 views : 1417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PEDAGOGIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN