PENERAPAN TEKNIK SUPERIORITAS DALAM MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PALABUHANRATU KABUPATEN SUKABUMI

Miranti Miranti, Tri Mahajani, Aam Nurjaman

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran teks anekdot pada siswa SMA. Peneliti ingin memasukkan teori berhumor dalam pembelajaran teks anekdot, sebab pada dasarnya anekdot adalah bagian dari humor. Teknik superioritas adalah salah satu teori klasik dalam menciptakan humor, selain dengan keganjilan dan pelepasan. Teknik superioritas menempatkan adanya pihak superior yang bisa dengan mudahnya menertawakan pihak inferior. Namun di sini, peneliti ingin kembali menegaskan bahwasanya menjadi pihak inferior pun bisa saja mengundang tawa. Ada dua tujuan dari penelitian ini: (1) untuk mengetahui penerapan teknik superioritas dalam meningkatkan keterampilan menulis anekdot pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi dan (2) untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi siswa kelas X SMA Negeri 1 Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi dalam menulis teks anekdot melalui teknik superioritas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan dua kelas. Satu kelas eksperimen, dan satu kelas kontrol. Penelitian ini diujikan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Nilai rata- rata tes awal siswa pada kelas eksperimen adalah 57,7 sedangkan pada kelas kontrol adalah 49,8. Nilai tes akhir siswa pada kelas eksperimen adalah 76,7 sedangkan pada kelas kontrol adalah 60,7. Hasil dari uji-t diperoleh harga to = 2,92 dan db = 50 dengan taraf signifikansi 5% sebesar 2,01 serta tt taraf signifikansi 1% 2,68. Apabila dituliskan menjadi 2,01 lebih kecil dari 2,92 lebih besar dari 2,68. Hasil uji-t menunjukkan bahwa penerapan teknik superioritas berhasil meningkatkan keterampilan menulis teks cerita anekdot pada siswa kelas X SMAN 1 Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa teknik superioritas ini terbukti efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis teks anekdot.

Keywords


Teknik Superioritas; Teori Superioritas; Teks Anekdot; Humor

References


Akhadiah, Sabarti, dkk. (2012). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bardon, Adrian. (2005). The Philoshophy of Humor.†In Comedy: AGeographic and Historical Guide, 2 Vols. Edited by Maurice Charney, 462-467. Westport, CT: Praeger.

Baudelaire, Charles. (1956) . The Essence of Laughter and More Especially ofthe Comic in Plastic Arts.†Trans. Gerald Hopkins. In The Essence of Laughter and other Essays, Journals, and Letters, ed. Peter Qeennell. New York: Meridian Books.

Biknell, Jeanette. (2007). What Is Offensive about Offensive Jokes?†Philoshopy Today 51: 458-465

Dadlez, E. M. (2011). Truly Funny: Humor, Irony, and Satire as Moral Criticism. Journal of Aesthetic Education 45(1):1-17.

Danandjaya, James. (1986). Folklor Indonesia. Jakarta. Penerbit Gratifi Press.

Kosasih, Engkos. (2016). Jenis-Jenis Teks. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Fadilah, Emy Rizka. (2015). Humor dalam Wacana Stand-Up Comedy Indonesia season 4 di Kompas TV. Skripsi Universitas Negeri Semarang. Semarang: Tidak diterbitkan.

Fitriani, Ayu dan Nurul Hidayah. (2012). Kepekaan Humor dengan Depresi pada Remaja Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Humanitas,9(1).

Hartono, Lisa Amelia Anggelina. (2015). Teknik Humor dalam Film Warkop DKI. Jurnal E- Komunikasi.

Hasanat, N. U., & Subandi. (1999). Pembakuan Alat Kepekaan Terhadap Humor. Laporan Penelitian . (tidak diterbitkan). Yogyakarta : Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Hasanat, N, U.,& Subandi.(1998). Pengembangan Alat Kepekaan Terhadap Humor. Jurnal Psikologi. 1: 17-25.

Hyland, Ken. (2002). Teaching and Researching Writing. London: Pearson Education.

Istianah, Emy Lestari. (2015). Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Anekdot di Kelas X SMA Negeri 1 Sewon Bantul DIY. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Tidak Diterbitkan.

Lesmana, Maman. (2014). Teks-Teks Humor Politik di Indonesia: Sekadar Hiburan atau Sekaligus Kritikan? Jurnal Susurgalur: Jurnal Kajian Sejarah dan Pendidikan Sejarah. 2.

Lintott, Sheila. 2016. Superiority in Humor Theory. The Journal of Aesthetics and Art Criticism.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Maryanto, dkk. (2014). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA X. Jakarta: Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan.

Rachmawati, Elin Nur. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Menggunakan Strategi Genius Learning untuk Siswa Kelas X Kendaraan Ringan (KR) SMK Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Tidak Diterbitkan.

Rahmanadji, Didiek. (2007). Sejarah, Teori, Fungsi, dan Jenis Humor. Jurnal Bahasa dan Seni 35(2), 213-221.

Rakhmat, Jalaluddin. (2011). Retorika Modern Pendekatan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ross, Alison. (1998). The Language of Humour. London: Taylor & Francis Ltd

Solomon, Robert. (2002). Are the Three Stooges Funny? Soitainly! (or When is it OK to Laugh?).†Ethics and Values in the Information Age, eds. Joel Rudinow and Anthony Graybosch. Wadsworth.

Sudarmo, Darminto M. (2015). HQ Humor Quotient, Kecerdasan Humor. Jakarta: Kombat Publisher.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherli, dkk. (2016). Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan.

Sudijono, Anas. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suprana, Jaya. (2013). Humorologi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Rahmanadji, Didiek. (2007). Sejarah, Teori, Jenis, Dan Fungsi Humor. Jurnal Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang

Raskin, Viktor. (1985). Semantic Mechanisms of Humor. Dordrecht, Holland: D. Reidel Publishing Company.

Yuniarsih, Yuyun. (2011). Unsur Humor dalam buku ‘Ibtasim Karya ‘Aidh Al-Qarni. Skripsi Universitas Indonesia. Depok: Tidak diterbitkan.

Zainurrahman. (2011). Menulis : Dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Penerbit Alfabeta


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v13i1.3668 Abstract views : 423 views : 290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PEDAGOGIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN