ANALISIS PENGGUNAAN KOHESI GRAMATIKAL DALAM TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMK BINA BUDI LUHUR BOGOR

Ulfiana Ulfiana, Stella Talitha, Tri Mahajani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan jenis kohesi gramatikal dalam teks eksposisi siswa kelas X SMK Bina Budi Luhur Bogor, serta untuk mengetahui penggunaan jenis kohesi gramatikal yang paling dominan pada teks eksposisi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini teks ekposisi siswa kelas X SMK Bina Budi Luhur Bogor. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Jenis kohesi gramatikal yang menjadi fokus penelitian, yaitu referensi endoforis, referensi eksoforis, konjungtor, substitusi, dan elipsis. Dari hasil analisis tersebut ditemukan penggunaan kohesi gramatikal sebanyak 150 data. Adapun jumlah temuan yang pertama ialah penggunaan referensi endoforis dengan total 44 temuan (29%). Kedua, penggunaan kohesi gramatikal berupa referensi eksoforis dengan total 25 temuan (17%). Referensi eksoforis berkaitan dan mengacu pada acuan sesuatu yang berada di luar teks. Ketiga, penggunaan kohesi gramatikal berupa konjungtor dengan total 60 temuan (40%). Keempat, penggunaan kohesi gramatikal berupa substitusi dengan total 14 temuan (9%). Substitusi berkaitan dengan pergantian suatu unsur bahasa oleh unsur lain dalam satuan yang lebih besar. Terakhir, penggunaan kohesi gramatikal berupa elipsis dengan total 7 temuan (5%). Dengan demikian, jumlah tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam teks eksposisi siswa ditemukan banyak penggunaan kohesi gramatikal. Adapun dari temuan data 30 teks eksposisi ditemukan jumlah sebanyak 150 data dan penggunaan alat kohesi gramatikal, yang paling dominan terdapat pada penggunaan kohesi gramatikal berupa konjungtor dengan temuan data 60 kutipan dengan presentase 40%. 

Keywords


Kohesi Gramatikal; teks eksposisi

References


Arifin, Zaenal dkk. (2018). Wacana Transaksional dan Interaksional. Jakarta: Pustaka Mandiri.

Eka, Desi. (2016). Kohesi Gramatikal dalam Teks Berita Media Massa Cetak. Lingua: Kohesi Gramatikal.

Hafish, Fandy. (2015). Kohesi Gramatikal antar Kalimat dalam Wacana. Lingua: Journal Kohesi Gramatikal. 9-29.

Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks: Analisis Fungsi, Struktur, Kaidah Kebahasaan, serta Langkahlangkah Penulisannya. Bandung. Yrama Widya.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta. Rajagrafindo Persada.

Mulyana. (2005). Kajian Wacana: Teori, Metode dan Aplikasi Prinsip-Prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta. Tiara Wacana.

Rusminto, Nurlaksana Eko. (2015). Analisis Wacana; Kajian Teoritis dan Praktis. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Rosmaya, Elin. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok di SMP. Lingua: Journal Teks Eksposisi.

Sumarlan. (2009). Teori dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta. Pustaka Cakra.

Syamsuddin. (2011). Studi Wacana: Teori Analisis dan Pengajaran. Bandung. Geger Sunten.

Tarigan, Henry Guntur. (2009). Pengajaran Wacana. Bandung: Angkasa.

Wiyanti, Endang. (2016). Kajian Kohesi Gramatikal Substitusi dan Elipsis dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata. Lingua: Journal Kohesi Gramatikal.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v13i1.3669 Abstract views : 488 views : 1733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PEDAGOGIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN