Pengembangan E-ensiklopedia Keanekaragaman Talas di Kabupaten Bogor Berbasis ESD untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-ensiklopedia keanekaragaman talas di Kabupaten Bogor untuk meningkatkan literasi digital siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang dilaksanakan pada bulan Januari hingga Juli 2021. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa SMAN 4 Bogor kelas X MIPA 3 tahun akademik 2020/2021 sebanyak 35 orang siswa. Pelaksanaa uji coba lapangan hanya dilakukan secara terbatas menggunakan one group posttest only design. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli, instrument angket literasi digital, dan lembar angket respon guru dan siswa terhadap e-ensiklopedia. Teknik analisis data terdiri dari analisis kelayakan bahan ajar dan analisis penilaian terhadap literasi digital siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa e-ensiklopedia yang dikembangkan layak digunakan sebagai suplemen bahan ajar di kelas X MIPA 3 pada pembelajaran berdasarkan rata-rata nilai validasi ahli materi sebesar 85,41% dan rata-rata nilai validasi media sebesar 84,57% dengan kriteria sangat layak. Bahan ajar E-ensiklopedia memiliki keefektifan untuk meningkatkan literasi digital siswa kelas X MIPA 3. Hal tersebut dibuktikan dari hasil posttest berupa angket yang diberikan siswa dengan persentase 81,05% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan angket guru dan siswa, sebesar 92,30% dan mendapatkan penilaian dari hasil angket siswa sebesar 89,63%.
Keywords
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara.
BSNP. (2014). Naskah Akademik Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Badan Standar Nasional Pendidikan.
Chichi, C., Surahman, E., & Hernawati, D. (2019). Kemampuan Literasi Digital dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Discovery Learning. 365372.
Diana, N. P. (2021). The Development of E-Book Knowing Bryophyta Diversity†to Train Digital Literacy. 3(3), 571579.
Gilster. (1997). Digital Literacy. Wiley.
Hall, R., Atkins, L., & Fraser, J. (2014). Research article: Defining a self-evaluation digital literacy framework for secondary educators: The DigiLit Leicester project. Research in Learning Technology, 22(March), 017. https://doi.org/10.3402/rlt.v22.21440
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Irawati, I. (2015). Pengembangan Ensiklopedia Keanekaragaman Tumbuhan Angiospermae Berbasis Potensi Lokal di MTs Negeri Seyegan dengan Muatan Keislaman. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Nurafifah, A., Budi, A. S., & Siahaan, B. Z. (2017). Developing Wave Encyclopaedia based on Scientific Approach. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012018
Oktavia, R., & Hardinata, A. (2020). Tingkat Literasi Digital Siswa Ditinjau Dari Penggunaan Teknologi Informasi Sebagai Mobile Learning Dalam Pembelajaran Biologi Pada Siswa Mengengah Atas (SMA) Kecamatan Kuala Nagan Raya. Bionatural, VII(2), 2634.
Pratama, W. A., & Hartini, S. (2019). Analisis Literasi Digital Siswa Melalui Penerapan E-Learning Berbasis Schoology. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 06(1), 913.
Silaban, E. A., Kardhinata, E. H., & Hanafiah, D. S. (2019). Inventarisasi dan Identifikasi Jenis Tanaman Talas-Talasan dari Genus Colocasia dan Xanthosoma di Kabupaten Deli Serdang dan Serdang Bedagai. Jurnal Agroekoteknologi, 7(1,Jan), 4654. https://doi.org/10.32734/jaet.v7i1,Jan.19176
Sufiya, N. (2019). Pengembangan Ensiklopedia Elektronik Interaktif dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Elektronik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Submateri Arthropoda Kelas X SMA. 8(3), 7481.
Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi digital abad 21 bagi mahasiswa PGSD. Conference Series Journal, 1(1), 17.
Sukmadinata, N. S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Sukmawati, F. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Contextual Teaching Learning untuk Mengefektifkan Pembelajaran bagi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan, 7(1), 147. https://doi.org/10.21093/fj.v7i1.266
DOI: 10.55215/pedagogia.v13i2.4247 Abstract views : 950 views : 1009
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Yulia Nur Azizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.