Implementasi Supervisi di Sekolah Dasar Pertiwi Bogor

Muhamad Ginanjar Ganeswara, Nita Karmila

Abstract


Supervisi pendidikan merupakan hal krusial yang perlu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang memperhatikan seluruh komponen sumber daya organisasi. Supervisi pendidikan yang dilaksanakan secara sistematis dan berkesinambungan dapat menjadi modal untuk mengangkat citra sekolah di masyarakat. Penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan di SD Pertiwi Kota Bogor ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi supervisi pendidikan ditinjau dari elemen objek, subjek, tujuan dan waktu pelaksanaan supervisi yang tentu menggunakan berbagai macam teknik-teknik supervisi pendidikan. Sumber data primer dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum serta satu orang guru dan sumber data sekunder berupa dokumen-dokumen bukti pelaksanaan supervisi. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi serta analisis dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan cara triangulasi dan member check. Penelitian diawali dengan menentukan fokus utama, sub fokus, pencarian data, reduktsi data, interpretasi data serta pengambilan kesimpulan penelitian. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa SD Pertiwi Kota Bogor sudah menjalankan rangkaian kegiatan supervisi secara sitematis, terencana , dan terstruktur dengan mengimplementasikan teknik supervisi individu maupun kelompok melalui berbagai kegiatan  sehingga hal tersebut menjadi modal dasar SD Pertiwi sebagai salah satu SD yang memiliki citra positif di masyarakat.

Keywords


Supervisi; Sekolah Dasar

References


A. Suradi, (2018) Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 79 Kota Bengkulu†AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 5 No. 1, pp. 13-29.

Abd. Wahid, (2021) Manajemen Evaluasi Program Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan†Jurnal Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Vo. 8 No. 1.

Apriani Safitri, Mujiati Mujiati, (2019) Efektivitas Supervisi Akademik Kepala Sekolahâ€, Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, Volume 19, No. 1.

David Moto Lele1, Deni Setiawan , Sulhadi, (2018) Clinical Supervision Instrument Development for Junior High School Teacher Based on Android, Journal of Educational Research and Evaluation. JERE 7 (1) 94 100.

Fahmi, Cut Nurul, Eli Nurliza, Murniati AR, Nasir Usman, (2018) The Analisys of Supervision Perception at The Elementary School Aceh Besar Indonesia. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention. Vol. 5. No. 8.

Nita Karmila, Yudhie Suchyadi, (2020) Supervisi Pendidikan di Sekolah Alam Bogor†Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar. Volume 03, Nomor 01, Hal. 31 33

Patris Rahabav, (2016) The Effectiveness of Academic Supervision for Teachers, Journal of Education and Practice, Vol.7, No.9, pp. 47-49.

Riatun, (2020) Pelaksanaan Teknik Supervisi Individual sebagai Implementasi Kerja Pengawasanâ€, EJoES: Educational Journal of Elementary School. Vol. 1 No. 3.

Wahyu, (2020) Concept Of Supervision Of Learning Process In Increasing The Quality Of Education Results In Madrasah, International Journal of Nusantara Islam Vol. 08 No. 01: (67-77) DOI : 10.15575/ijni.v8i1.8913.

Wiwik Maladerita, Dina Dahliana, Maistika Ratih, Rifma. (2019) Impelementasi Supervisi dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran dan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar†Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 1 Nomor 3 Halaman 198-204


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v13i2.4408 Abstract views : 1456 views : 832

Refbacks



Copyright (c) 2021 Muhamad Ginanjar Ganeswara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.