Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Topik Aritmetika Sosial

Pujiati Pujiati

Abstract


Penelitian ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika tentang aritmetika sosial di kelas VII A melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).  Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII.A SMP Negeri 13 Bogor sebanyak 35 orang, dengan komposisi perempuan 19 siswa dan laki-laki 16 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus.  Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.  Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil pekerjaan siswa, daftar nilai dan lembaran observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), suasana kelas jadi menyenangkan sehingga hasil belajar siswa meningkat, yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada siklus pertama memperoleh nilai 74,3 dengan persentase 60persen; sedangkan siklus kedua memperoleh nilai rata-rata 87 dengan persentase 89persen terjadi peningkatan hasil belajar siswa, atau peningkatan ketuntasan belajar sebesar  29persen.  Begitu pula dengan hasil observasi siswa menunjukkan adanya peningkatan pada partisipasi dan aktivitas siswa dengan memperoleh nilai rata-ratanya mencapai 75,36persen pada siksus pertama, sedangkan siklus kedua mencapai 88,57persen.  Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika dalam  materi aritmetika sosial.

Keywords


Model PBL; Hasil Belajar; Matematika

References


Anitah, S. (2008) Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning, Predana Media, Jakarta.

Arends. (2007) Learning to Teach Belajar untuk Mengajar, Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Rahman, A, A, dkk. (2016) Matematika SMP/MTs Kelas VII, Kemendikbud, Jakarta.

Boud, D. (2010) Problem-based Learning in Education for the Professions, Higher Education Research and Development Society of Australia.

Hamalik, O. (2005) Psikologi Belajar Mengajar, Sinar Baru Algesindo, Bandung.

Ismadi, J. (2009) Belajar Matematika Kini Jadi Mudah, Multi Kreasi Satudelapan, Jakarta.

Mainake, P,N., Laamena, C, M. dan Gaspersz, M. (2021) ‘Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.11 No. 03, pp.11-17.

Mulyasa, E. (2007) Menjadi Guru Profesional, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Rahayu, S. dan Istikomah, E. (2020) ‘Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Aritmatika Sosial, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, Vol. 8 No. 1, pp.59-63.

Sagala, S. (2010) Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidika: Membantu Mengatasi Kesulitan Guru Memberikan Tujuan Belajar Yang Bermutu, Alfabeta, Bandung.

Sanjaya, W. (2006) Strategi Pembelajaran, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Sudjana, N. (2010) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Supriono, A. (2010) Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Sukmadinata, N, S. (2005) Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Remaja Rosda Karya, Bandung.

Trianto. (2010) Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana, Jakarta.

Widiyana, L. (2021) ‘Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 4 PekanBaru, Jurnal Pendidikan Cermin Profesionalitas, Vol.7 No.2, pp.74-78.

Yamin, M. (2008) Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan, Gaung Persada Press, Jakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v14i1.4787 Abstract views : 531 views : 337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Puji Ati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.