Peningkatkan Hubungan Sosial Antar Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok

Desi Heliyanty

Abstract


Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas berdasarkan keluhan beberapa guru  dan data guru pembimbing yang menyatakan peserta didik  cenderung kurang mampu dalam bersosialisasi sehingga keberhasilan belajarnya rata-rata lebih rendah dari kelas lainnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan kelompok dan mengetahui tingkat interaksi sosial siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok  untuk meningkatkan interaksi sosial dan mengetahui tingkat efektifitas layanan bimbingan kelompok untuk interaksi sosial peserta didik. Layanan Bimbingan kelompok  untuk meningkatkan interaksi sosial siswa diujicobakan kepada 15 anak sebagai subjek penelitian yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif meningkatkan interaksi sosial siswa. Metode penelitian ini  digunakan melalui angket dan observasi di kelas. Analisis data yang digunakan dengan metode kualitatif. Kesimpulan  dari penelitian bahwa layanan bimbingan kelompok dapat memberikan pengaruh terhadap hubungan social peserta didik, karena dalam pelaksanaannya peserta didik sebagai anggota kelompok mempunyai kesempatan untuk melatih diri dalam mengemukakan pendapat, saling menghargai dan menciptakan dinamika kelompok yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk mengembangkan hubungan social dengan teman sebaya

Keywords


hubungan sosial; teman sebaya; layanan bimbingan kelompok

References


Ali dan Asrori. (2005) Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. (2008) Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi Aksara.

Desmita. (2011) Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja

Djaali. (2011) Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hurlock, E. (2004). Perkembangan Anak Jilid II. Jakarta: Erlangga.

Nurihsan, Ahmad Juntika. (2009). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Refika Aditama.

Prayitno (2012) Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Prayitno, dkk. (2004). Layanan bimbingan dan konseling kelompok. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Rahardjo, Susilo dan Gudnanto (2011) Pemahaman Individu Teknik non Tes. Kudus: Nora Media Enterprise.

Rakhmat, Jalaludin. (2005) Psikologi Komunikasi Remaja. Bandung: Rosda Karya.

Romlah, Tatik. (2001). Teori dan Praktek Bimbingan dan Konseling Kelompok Malang: Universitas Negri Malang Press.Septiartono,

Sugiyono. (2001) Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2012) Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Pembimbing.Yogyakarta:Paramitra Publishing.

Supranto, J. (2003). Metode Riset Aplikasinya dalam Pemasaran.Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Surya, Mohamad. (2003). Teori-teori Konseling. Bandung: Pustaka Bani Quraisy


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v14i1.4803 Abstract views : 436 views : 625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Desi Heliyanty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.