Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam tentang Sistem Pencernaan Manusia

Christina Suryaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui Metode Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang sistem pencernaan pada manusia; (2) menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang Sistem Pencernaan manusia sebelum dan sesudah menggunakan metode eksperimen; (3) mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang sistem pencernaan pada manusia menggunakan metode eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sebelum menggunakan metode eksperimen hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 69,03 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan metode eksperimen  menjadi 77,82 pada siklus 1 dan 87,55 pada siklus 2. Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen yang disesuaikan dengan  materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Oleh  karena itu peneliti menyarankan agar penggunaan metode eksperimen disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran IPA di sekolah-sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bogor.

Keywords


Metode Eksperimen; Pelajaran IPA

References


Amir, M.Taufik. (2009) Materi Pokok Strategi Pembelajaran SD, Universitas Terbuka, Jakarta.

Arends. (2007) Learning to Teach Belajar untuk Mengajar, Pustaka Belajar, Yogyakarta

Arikunto, Suharsimi. (2010) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.

Dimyati, Mudjiono. (2013) Belajar dan Pembelajaran,Rineka Cipta, Jakarta

Ermida. (2019) Peningkatan Prestasi Belajar IPA Melalui Eksperimen Learning. ,Jurnal Bidang Pendidikan Dasar,3 (2), 67-80

Hamalik, Oemar. (2005) Psikologi Belajar Mengajar, Sinar Baru Algesindo, Bandung.

Hastuti,ES. dan Hidayati. (2018) Pengaruh Metode Eksperimen Ditinjau Terhadap Hasil Belajar IPA dari Kemanpuan Komunikasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5 (1), 25-31

Isjoni. (2009) Pembelajaran Kooperatif, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Kemdikbud. (2017) Ilmu Pengetahuan Alam, CV Putra Nugraha, Surakarta.

Moedjiono dan Dimyati. (1992) Strategi Belajar Mengajar, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Sagala, Syaiful. (2010) Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan: Membantu Mengatasi Kesulitan Guru Memberikan Tujuan Belajar Yang Bermutu, Alfabeta, Bandung.

Sanjaya, Wina. (2006) Strategi Pembelajaran, Kencana Prenada Media Group, Jakarta

Sudjana, Nana. (2010) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2005) Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Remaja Rosda Karya, Bandung.

Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain. (2013) Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta.

Trianto. (2010) Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana, Jakarta.

Yamin, Martinis. (2008) Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan, Gaung Persada Press, Jakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v14i1.4804 Abstract views : 259 views : 248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Christina Suryaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.