Penerapan Model Direct Istrucion dan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia tentang Menulis Puisi Bebas

Mardianis Mardianis

Abstract


Penelitian ini bertujuan  mngetahui model direct instruction dan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas. Mendeskripsikan hasil keterampilan menulis puisi bebas sebelum dan sesudah menggunakan model direct intrucion dan media audio visual. Mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang menulis puisi bebas dengan menggunakan model direct instruction dan media audio visual. Penelitian dengan menggunakan model direct instruction dan media audio visual membuat peserta didik merasa senang. Model ini dapat digunakan sebagai variasi dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Sebelum menggunakan model ini, nilai rata-rata  keterampilan menulis puisi bebas hanya 61,75 dengan presentase ketuntasan 25%. Kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan  model direct intrucion dan media audio visual  pada siklus 1 dengan nilai rata-rata 72,27 dan 82,02 pada siklus 2. Dari uraian di atas penulis dapat menyimpulkan bahwa penggunaan model direct instruction dan media audio visual dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga meningkatkan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, peneliti menyarankan model direct intrucion dapat dijadikan sebagai alternative dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di lingkungan sekolah-sekolah di Dinas Pendidikan Kota Bogor


Keywords


Model Direct Instrucion; Media Audio Visual; Puisi Bebas

References


Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas

Abdurrahman, Mulyana. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta

Aminuddin. 2004. Pengantar Apresiasi Karya Sastra, Bandung: Sinar baru Algesindo

Campbell, Linda, Campbell, Bruce dan Dickinson, Dee. 2006. Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Depok: Intuisi Press

Jabrohim. 2003. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Sabda Media

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra.Yogyakarta: BPFE.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra: Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajan

Putra, Masri Sareb. 2005. Menulis Meningkatkan dan Menjual Kecerdasan Verbal Linguistik Anda. Malang: IDIOMA.

Sadiman, Arief dan Rahardjo. 1986. Media Pendidikan-Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Rajawali. Jakarta.

Suherti .2014. Kreativitas Menulis. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Syah, Muhibbin. 1997.Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Trianto 2010 Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Pustaka Publisher

Wahyuni, Sri (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Teknik Ubah Catatan Harian Pada Siswa Kelas X D SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul. Skripsi. Tidak diterbitkan

Waluyo, Herman J. 1997. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga

Zaidan, Abdul Razak. 2004. Kamus Istilah Sastra. Jakarta : Balai Pustaka


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v14i1.4817 Abstract views : 189 views : 172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mardianis Mardianis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.