Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Guided Discovery Learning Berbantu Media Pembelajaran Muvis Terhadap Literasi Sains
Abstract
Keywords
References
Abdullah, Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. PT. Bumi Aksara: Jakarta.
Adawiyah, Aida. 2014. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Dengan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VII Di SMPN 2 Cibinong. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Pakuan.
Eggen, Paul. 2012.Strategi dan Model Pembelajaran. PT. Indeks: Jakarta.
Ekohariadi. 2009. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Literasi Sains Siswa Indonesia Berusia 15 Tahun. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 10 No. 1, Maret 2009 (28-41).
Leung, F.K. 2002. Behind the High Achievement of East Asian Students. Educational Research and Evaluation, 8, 87 -108.
Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
OECD. 2007. PISA 2006 Science Competencies for Tomorrows World: Volume 1 Analysis. Paris: OECD.
OECD. 2014. PISA 2012 Result: What Is Student Know and Can Do - Student Performance In Mathematic, Reading, and Science. Revision Edition: Volume I. OECD Publishing.
Rustaman, N. Y., Firman H., Kardiawarman (2003). Literasi Sains Anak Indonesia 2000 & 2003. Makalah Literasi Sains 2003. Bandung.
Siswanto. 2012. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Surakarta. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index. php/bio/article/.../997 16 Januari 2014.
Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Perseda, Jakarta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).
Sulistyowati, Nastiti. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia. Jurnal Pendidikan. Universitas Negeri, Semarang.(diakses tanggal 05 Januari 2014).
DOI: 10.55215/pedagogia.v7i2.4895 Abstract views : 197 views : 194
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aldi Yudawan, Bibin Rubini, Surti Kurniasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.