Pengaruh Model Scientific Learning dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Lingkungan

Lufty Hari Susanto, Rita Retnowati, Eka Suhardi

Abstract


Penelitian bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh model pembelajaran scientific learning dan kemandirian belajar terhadap kemampuan memecahkan masalah lingkungan. Studi eksperimen telah dilakukan pada mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Banyaknya sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 responden. 30 untuk kelompok mahasiswa yang menggunakan model Project Based Learning (PJBL) dan 30 untuk kelompok mahasiswa yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi positif antar faktor model pembelajaran scientific learning serta faktor kemandirian belajar terhadap kemampuan memecahkan masalah pencemaran lingkungan.

Keywords


Scientific Learning; Kemandirian Belajar; Kemampuan Memecahkan Masalah Lingkungan

References


Beringer, Jason, Application of Problem Based Learning through Research Investigationâ€, Journal of Geography in Higher Education, Vol. 31, No. 3,2007

Blumenfeld et al., 1991 dalam Kristin Cook, A Suggested Project-Based Evolution Unit for High School: Teaching Content Through Applicationâ€, THE AMERICAN BIOLOGY TEACHER, Vol. 71,No. 2, 2009

Chine, Christhine dan Li Gek Chia, Problem-Based Learning: Using Ill-Structured Problems in Biology Project Work, Wiley InterScience (www.interscience.wiley.com)

Corno L. & Randi, J. (1999). Self-Regulated Learning. http//www.personal.psu.edu/users/ h/x/hxk223/self.htm

Hargis, J. (http:/www.jhargis.co/). The SelfRegulated Learner Advantage: Learning Science on the Internet.

Papanikolaou, Kyparisia dan Maria Boubouka, Promoting Collaboration in a Project-Based E-Learning Contextâ€, Journal of Research on Technology in Education, Volume 43, Number 2, 2010

Schunk, D.H. Helping Children Work Smarter for School Success. Department of Educational Studies, Purdue University Parent page was developed by Cornel Cooperative-Extention of Suffolk County, 1994.

Skeel, J. Dorothy. Elementery Social StudiesChallenges for Tomorrows World. Harcourt Brace College Publishers, 1995.

Sumastri. Pencemaran Lingkungan. Departemen Pendidikan Nasional, Bandung, 2007

Surjawanta, Agus, Mengkondisikan Pembelajaran Ipa Dengan Pendekatan Saintifikâ€, Jurnal Nuansa Kependidikan Vol 16 Nomor.1, Nopember 2012.

Taufiq, M. Amir. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2009.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v8i1.4907 Abstract views : 96 views : 82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lufty Hari Susanto, Rita Retnowati, Eka Suhardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.