Analisis Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru Biologi pada Materi Metabolisme

Sri Lelis, Sri Redjeki, Usep Sutisna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan PCK mahasiswa calon guru biologi pada materi metabolisme. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kenyataan di lapangan banyak ditemukan guru dan mahasiswa calon guru biologi yang memiliki kemampuan pedagogik rendah sementara penguasaan konsep tinggi, sebaliknya ada juga yang teknik mengajar bagus, tetapi memiliki kelemahan dalam penguasaan konsep. Solusi dari kondisi tersebut adalah mahasiswa calon guru biologi harus memiliki kemampuan PCK, agar bisa mengkombinasikan pengetahuan pedagogik dan pengetahuan konten, sehingga bisa meningkatkan kualitas PBM. Jenis dan metoda penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, adalah penelitian deskriptif, yang bertujuan  untuk menggambarkan keadaan fenomena-fenomena yang ditemukan dan dideskripsikan apa adanya, tidak dimodifikasi atau diberi perlakuan. Desain penelitian menggunakan desain triangulasi, di mana peneliti mengumpulkan secara bersama data kualitatif dan kuantitatif, membandingkan hasilnya dan kemudian menggunakan temuan untuk melihat apakah saling memvalidasi satu sama lain. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa calon guru biologi Program Studi Pendidikan Biologi yang terdaftar di semester VII, FKIP UNWIR sebanyak 27 orang. Sedangkan sampelnya sebanyak 6 orang, dengan teknik pengambilan sampel teknik purposive sampling, artinya peneliti mengambil sampel tersebut berdasarkan pertimbangan yang sesuai dengan maksud dan tujuan penelitian serta meganggap sampel tersebut representatif. Hasil penelitian menunjukkan ke-enam mahasiswa calon guru biologi berada pada level PCK yang berbeda yaitu : SNK, BG, AA, DN dan ND berada pada level Growing PCK, dan SS berada pada level Pra PCK.

Keywords


Content Knowledge; Pedagogical Knowledge; Pedagogical Content Knowledge

References


Campbell-Reece-Mitchell. 2000, Biologi Edisi kelima-jilid 1, Jakarta.Erlangga.

Cokadar, Hulusi. 2012. Photosynthesis and Respiration Processes : Prospective Teachers Conception Levels. International Journal Of Education and Science volume 37, No 164, Pamukkale University.

Elvianasti, Mega. 2014. Analisis Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon

Guru Biologi pada Materi Genetika dan Ekologi, Bandung, Universitas

Pendidikan.

Halim, Lilia., dkk. 2010. Developing Pre-service Science Teachers Pedagogical content Knowledge Through Action Research. Procedia Social and Behavioral Sciences 9 (2010) 507-511.

Hamidah, Dida., dkk. 2011. Pengembangan Profesional Guru Biologi SMA melalui Penerapan Pedagogical Content Knowlodge (PCK) pada Materi Genetika. Jurnal Pendidikan MIPA,Volume 12, Nomor 2.

Herlina, Lina. 2015. Perkembangan Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi Peserta Program Pengalaman Lapangan, Bandung, Universitas Pendidikan,

Hook, Stephen J. Van., dkk. 2009. Developing an Understanding of Inquiry by Teachers and Graduate student Scientists through a Collaborative Professional development Program. Electronic Journal of Science Education, volume 13, No. 2 (2009).

Juttner, Melanie & Neuuhaus Birgit, 2013. Validation of a Paper and Pencil Test Instrument Measuring Biology Teachers Pedagogical Content Knowledge by Using Think Aloud Interviews. International Journal of Education and Training Studies, Vol.1 No 2, Oktober 2013

Muthmainah, Rifaatul, 2014. Analisis Pedagogical Content Knowledge Guru dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sistem Hormon, Bandung Universitas Pendidikan.

Nuangchalerm, Prasart. 2011. In-Service Science Teachers Pedagogical Content Knowledge. Jurnal PCK, ISSN: 1923-0184, VOL. 2 (2011)

Nworgu, Loretta N. 2013. Improving secondary school Biology Teachers Pedagogic Content Knowledge (PCK) within A contructivist Framework. International Journal Of Asian Social Science. 2013, 3(11):2357-2381.

Rusmana, Egi, Neri. 2014. Perkembangan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Peserta Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di Kota Sumedang, Bandung, Universitas Pendidikan.

Usak, Ulker, Oztas & Terzi. 2013 The Effect Of Professors Pedagogical Content Knowledge On Elementary Teacher Candidates Attitude and Achievment Regarding Biology. International Journal anthropologist, 16 (1-2) : 251 -261, Kamla Raj. Turkey.

Villgonzalo, Earl C. 2014. Process Oriented Guided Inquiry Learning : An Effective Approach in Enhancing Students Academic Performance. International Journal presented at the DSLU Research Congress 2014 De La Salle University, Manila Philippines.

Yamin, Martinis dan Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta, Gaung Persada (GP Press)

Zahroh, Aminatul. 2015. Membangun Kualitas Pembelajaran melalui Dimensi

Profesionalisme Guru, Bandung, CV YRAMA WIDYA


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v14i1.5675 Abstract views : 189 views : 166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sri Lelis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.