Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pangkat Tak Sebenarnya Melalui Penerapan Model Kolaboratif Teknik Think Pair Share

Pur Handoko

Abstract


Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya kualitas pembelajaran Matematika dapat memberi pengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu seorang guru perlu mempertimbangkan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dicobakan melalui penelitian ini adalah  metode percobaan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengukur aktivitas dan hasil belajar siswa dalam materi Pangkat Tak Sebenarnya. (2) mengetahui proses peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam materi Pangkat Tak Sebenarnya. (3) mengetahui besarnya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam materi Pangkat Tak Sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif dengan Teknik Diskusi Think Pair Share pada materi Pangkat Tak Sebenarnya meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa. Sebelum menerapkan metode pembelajaran tersubut, siswa mempunyai nilai rata-rata 59,87. Pada saat pembelajaran diubah menerapkan model pembelajaran kolaboratif dengan Teknik Diskusi Think Pair Share, rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 78,59 pada siklus I dan 84,23 pada siklus II. Dari uraian di atas, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model Kolaboratif dengan Teknik Diskusi Think Pair Share yang digunakan guru dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, karena itu peneliti menyarankan agar penerapan metode pembelajaran perlu disosialisasikan dan digunakan dalam pembelajaran Matematika di sekolah-sekolah yang tercakup pada lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bogor.


Keywords


Hasil belajar siswa; Pembelajaran Matematika; Model pembelajaran kolaboratif; Teknik Think Pair

References


Arifin, Zainal, (2011) Penelitian Pendidikan Metode Dan Paradigma Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsini dkk, (2007) Penelitan Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Djamarah, Syaeful Bahri, (2011) Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hari Subagya, (2013) Konsep dan Penerapan Fisika untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Bumi Aksara

Kanginan, Marthen, (2004) Fisika untk SMA/ MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga

Nugroho, Djoko, (2009) Mandiri Fisika untuk SMA/ MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga

Republik Indonesia, Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Kelulusanâ€

Sadiman, Arief S, dkk, (2006) Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sanjaya, Wina, (2006) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cet. V. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sardiman, A.M, (2007) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sujana, Nana, (1989) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung Remaja Rodakarya

Suhadi, (2010) Karakteristik dan Model Pembelajaran Kolaboratif. Ebook Alifa Alternative Media

Sukardi, (2008) Metodologi Penelitian Pendidikan. Cet. V. Jakarta: PT Bumi Aksara

Suryosubroto, (2002) Proses Belajar Mengajar di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Suyono dan Hariyanto, (2011) Belejar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Trianto, (2011) Panduan Lengkap PTK (Classroom Action Research) Teori & Praktek. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Wena, Made, (2009) Srategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v14i2.5954 Abstract views : 120 views : 117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pur Handoko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.