Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan Cacah

Dahlia Dahlia

Abstract


Penelitian ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika tentang Sifat-sifat Operasi Hitung pada Bilangan Cacah di kelas III A melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III A di SDN Kawung Luwuk Kota Bogor sebanyak 34 siswa, dengan komposisi perempuan 16 siswa dan laki-laki 18 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil pekerjaan siswa, daftar nilai dan lembaran observasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas III A SD Negeri Kawung Luwuk Kota Bogor. Sebelum menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 66,32 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan Pendekatan Pakem menjadi 73,97 pada siklus 1 dan 82,06 pada siklus 2. Oleh karena itu penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika dalam materi bilangan cacah.

Keywords


Model PBL; Hasil Belajar; Pembelajaran Matematika

References


Anitah, Sri, dkk, (2007). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan -Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. (2002). Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Depdiknas

Dimyati dan Mujiono, (2002), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta

Ibrahim, M. & Nur, M. (2000). Pembelajaran Berdasarkan Masalah : Surabaya : Unesa-University Press

Hartono, Slamet Prawiro. (2004). Sains Biologi Satu. Jakarta : Bumi Aksara

Jauhar M. (2010), Implementasi Paikem, Jakarta, Prestasi Pusaka

Musfiqon, (2010), Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran, Jakarta, Prestasi Pusaka

Muhsetyo, Gatot, dkk. (2009). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ngalimun, (2014), Strategi dan Model Pembelajaran, Jogyakarta, Aswaja Pressindo

Nana Sujana. (2009), Penilaian Proses Belajar Mengajar, Bandung, Rosda Karya

Nur Fajariyah, (2008), Cerdas Berhitung Matematika, Jakarta, Pusat Perbukuan Depdiknas

Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta, Rineka Cipta

Sudarto, Dkk , (2013), Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta, Kimilau Ilmu Semesta

Sudjana, D. (1982). Model Pembelajaran Pemecahan Masalah. Bandung : Lembaga Penelitian IKIP Bandung

Trianto. (2012). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta, Prestasi Pustaka Publisher

Wahyudin, H. Dinn, dkk. (2007). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardani, dkk, (2005). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta. Universitas Terbuka.

Winkel, (2008), Psikologi Pengajaran, Jakarta, Gramedia Pustaka Tama

Wiryawan dan Nur Hadi, 2000, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Universitas Terbuka

Winataputra, Udin. S, dkk. (2004). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zaenal Aqib, (2016), Kumpulan Metode Pembelajaran, Bandung, Sanunusa


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v14i2.6611 Abstract views : 1288 views : 837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dahlia Dahlia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.