Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Topik Penjumlahan dan Pengurangan Dua Pecahan

Yoyoh Rohanah

Abstract


Penelitian ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matika tentang penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda  di kelas VI SD Negeri Bantarjati 6 Bogor melalui penerapan model Model Pembelajaran Example non Example. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI di SD Negeri Bantarjati 6 Bogor sebanyak 39 siswa, dengan komposisi perempuan 19 siswa dan laki-laki 20 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil pekerjaan siswa, daftar nilai dan lembaran observasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Example non example  dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas VI di SD Negeri Bantarjati 6 Bogor Kota Bogor. Sebelum menggunakan model pembelajaran example non example hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 64,10 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran example non example menjadi 73,08  pada siklus 1 dan 81,28 pada siklus 2. Oleh  karena itu penerapan Model Pembelajaran Example non example yang disesuaikan dengan  materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik.

Keywords


Model Example non Example; Hasil Belajar; Pembelajaran Matematika

References


Abu Ahmadi & Supriyono Widodo. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. (2007). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Apriani, Atik dan Davd Indrianto. (2007). Implementasi model pembelajaran examples non examples. FKIP PGMI. IKIP PGRI Sumedang.

Aqib, Zainal. (2016). Kumpulan Model Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Satu Nusa. Bandung.

Azhar Arsyad, (2011), Media Pembelajaran, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Dimyati dan Mujiono, (2002), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Jauhar M. (2010), Implementasi Paikem, Jakarta: Prestasi Pusaka.

Hamalik, Oemar. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Prensky.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamzah B. Uno, dan Nurdin Mohammad. (2012). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Handayani, Jumanta. (2014). Model dan Model Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia. Bogor.

Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif. Pustaka Belajar. Jakarta.

Jauhar M. (2010), Implementasi Paikem, Jakarta: Prestasi Pusaka

Musfiqon (2010), Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran, Jakarta: Prestasi Pusaka.

Muslihuddin (2010), Kiat Sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, Bandung, Rizqi Press.

Muhibbin. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Melvn L. Silberman, (2006). Actve Learning: 101 Cara Belajar Peserta didik Aktif. Edisi Revsi Diterjemahkan oleh Raisul Muttaqin. Bandung: Nusamedia.

Ngalimun, (2016), Strategi dan Model Pembelajaran. Jogyakarta: Aswaja Pressindo

Poerwodarminto, (1990), Kamus Umum Bahasa Indonesia Gramedia. Jakarta

Rima Ega, (2016), Ragam Media Pembelajaran, Bandung, Kta Pena

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman, (2010). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi & Motvasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Saefudin Saud, Udin. (2008). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Slameto, (2000), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta, Rineka Cipta.

Slavn, Robert E. (2008). Cooperatve Learning (Teori, Riset, Praktik). Bandung: Nusa Media.

Sukajati, (2008), Pembelajaran Operasi Penjumlahan Pecahan di SD Menggunakan Berbagai Media, Joyakarta, P4TK Matematika.

Suyanto, Prof. (2002). Menjadi Guru Profesional. Erlangga. Jakarta.

Suprijono, Agus. (2009). Cooperatve Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Relajar.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Buana Pustaka.

Wahyudin, H. Dinn, dkk. (2007). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Unversitas Terbuka.

Wardani, I.G.A.K, Julaeha. S dan Marsinah. N. (2005). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Unversitas Terbuka.

Winataputra, Udin. S, dkk. (2004). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Unversitas Terbuka.

Wonorahardjo, Surjani. (2010). Dasar-Dasar Sains Menciptakan Masyarakat Sadar. Sains Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Zaenal Aqib, (2016), Kumpulan Metode Pembelajaran, Bandung: Satu Nusa


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v14i2.6614 Abstract views : 300 views : 221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yoyoh Rohanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.