Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Topik Panas dan Perpindahannya

Sumiyati Sumiyati

Abstract


Penelitian ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang panas dan perpindannya pada suhu dan kalor di kelas V B SD Negeri Kawung Luwuk Bogor melalui penerapan model Model Pembelajaran Demonstrasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V B SD Negeri Kawung Luwuk Bogor sebanyak 25 siswa, dengan komposisi perempuan 8 siswa dan laki-laki 17 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil pekerjaan siswa, daftar nilai dan lembaran observasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Demonstrasi dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas V B SD Negeri Kawung Luwuk Bogor. Sebelum menggunakan Model Pembelajaran Demonstrasi  hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 65,20 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan Model Pembelajaran Demonstrasi menjadi 73,20 pada siklus 1 dan 81,20  pada siklus 2. Oleh  karena itu penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi yang disesuaikan dengan  materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik.

Keywords


Model Demonstrasi; Hasil Belajar; Pembelajaran IPA

References


Anni, Catharina Tri. Dkk. (2004). Psikologi Belajar. Semarang : UPT MKK UNNES.

Ahmadi, Abu H.,dan Joko Tri Prasetya. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Asep Herry Hernawan. (2008). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Bundu, Patta.(2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam. Pembelajaran Sains SD. Jakarta Depdikdas.

Hamalik, Oemar. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Prensky,

Hasibuan dan Moedjiono. (2008). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (2004). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Bumi Aksara

Purwanto, M. Ngalim. (2010). Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Roestiyah N.K. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Sudjana, Nana. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara

Sukestiyarno, dan Budi Waluyo. (2006). Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Membentuk Mahapeserta didik menjadi yang Filsafati Melalui Pembelajaran Filsafat Ilmu dengan Strategi Student Team HeroicLeadership. Laporan Teaching Grant: Pend. Matematika Unnes.

Supriyanto. (2007). Web dengan HTML dan XML. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Syah, Muhibbin. (2000). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : PT. Kencana .

Wahyudin, H. Dinn, dkk. (2007). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardani, I.G.A.K, Julaeha. S dan Marsinah. N. (2005). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta. Universitas Terbuka.

Wardani, I.G.A.K, Wihardi dan Nasution. N. (2005). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Universitas Terbuka.

Winataputra, Udin. S, dkk. (2004). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wonorahardjo, Surjani. (2010). Dasar-Dasar Sains Menciptakan Masyarakat Sadar. Sains Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Zaenal, Mustopa. (2009) Ilmu Pengetahuan Alam 5 : untuk SD/ MI Kelas 5. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Zaenal, Aqib. (2016), Kumpulan Metode Pembelajaran, Bandung: Satu Nusa.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v14i2.6615 Abstract views : 189 views : 180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sumiyati Sumiyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.