Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Topik Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan

Novi Yanti

Abstract


Penelitian ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika tentang Pejumlahan dan pengurangan dengan penyebut berbeda di kelas III A melalui penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI A di SDN Pengadilan 2 Kota Bogor sebanyak 39 siswa, dengan komposisi perempuan 19 siswa dan laki-laki 20 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil pekerjaan siswa, daftar nilai dan lembaran observasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas VI A di SDN Pengadilan 2 Kota Bogor. Sebelum menggunakan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 66,15 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan Pendekatan Pakem menjadi 74,61 pada siklus 1 dan 81,79 pada siklus 2. Oleh  karena itu penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika dalam materi bilangan cacah.

Keywords


Model NHT; Hasil Belajar; Pembelajaran Matematika

References


Adjie, Nahrowi dan Maulana. (2009). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: UPI PRESS

Anita Lie. (2002). Cooperative Learning (Mempraktikan Cooperative learning diruang-ruang kelas). Jakarta : Gramedia Widiasarana.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2006). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hardini, Isriani dan Puspitasari, Dewi. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia

Herdian. (2009). Model HT. http://Herdy07.wordpress.com .(diunduh tanggal 9 april 2013)

Ibrahim, M. dkk, (2007). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Jannah, Raodatul. (2011). Membuat Anak Cinta Matematika dan Eksak Lainnya. Yogyakarta: Diva Press

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. (2001). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanjaya, W. (2008). Stratgi Pembelajaran Prosese Penlitian 2. Kencana. Jakarta

Sri Rahayu, (2009). Numbered Head Together. Srhttp://pelawi selatan. blogspot. Com / 20009/ 03 / numbered-head together. Html

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v14i2.6616 Abstract views : 211 views : 144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Novi Yanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.