Penerapan Model Pembelajaran Brainstorming untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Topik Sifat-sifat Cahaya

Uji Kurnia

Abstract


Penelitian ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang sifat-sifat cahaya di kelas V A SD Negeri Kawung Luwuk Bogor melalui penerapan model Model Pembelajaran Brainstorming. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V A SD Negeri Kawung Luwuk Bogor sebanyak 36 siswa, dengan komposisi perempuan 22 siswa dan laki-laki 14 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil pekerjaan siswa, daftar nilai dan lembaran observasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Brainstorming dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas V A SD Negeri Kawung Luwuk Bogor. Sebelum menggunakan Model Pembelajaran Brainstorming  hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 63,89 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan Model Pembelajaran Brainstorming menjadi 72,78 pada siklus 1 dan 81,25pada siklus 2. Oleh  karena itu penerapan Model Pembelajaran Brainstorming yang disesuaikan dengan  materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik.

Keywords


Model Brainstorming; Hasil Belajar; Pembelajaran IPA

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dkk, (2002). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta.

Luthfiyati. (2011). Model Pembelajaran Osborn Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik. (Online). Tersedia: http://www/te2hicacu.files.wordpress.com/(2011)/12artikel.docx.[akses: Februari 2015]

Makmum, Abin Syamsudin. 2003. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Maryani, Enok. (2011). Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Peningkatan Keterampilan Sosial. Bandung: CV. Alfabeta.

Munandar, Utami. (1985). Mengembangkan bakat dan kreatifitas anak sekolah. Jakarta: PT Gramedia.

Purwanto. (2004). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Cetakan ke-1. Jakarta: Kencana.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sobry, S. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Sudijono, Anas. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Subana, (2009). Strategi belajar mengajar bahasa Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sudjana, (2005). Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito.

Suhermi dan Sehetta. (2005). Teori-teori Belajar dan Strategi Pembelajaran. UNRI

Suprijanto, (2009). Pendidikan orang dewasa. Jakarta: Bumi Aksara.

Maryani, Enok. (2011). Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Peningkatan Keterampilan Sosial. Bandung: CV. Alfabeta.

Munandar, Utami. (1985). Mengembangkan bakat dan kreatifitas anak sekolah. Jakarta: PT Gramedia.

Purwanto. (2004). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Cetakan ke-1. Jakarta: Kencana.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sobry, S. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Sudijono, Anas. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Subana, (2009). Strategi belajar mengajar bahasa Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sudjana, (2005). Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito.

Suhermi dan Sehetta. (2005). Teori-teori Belajar dan Strategi Pembelajaran. UNRI.

Suprijanto, (2009). Pendidikan orang dewasa. Jakarta: Bumi Aksara.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v14i2.6626 Abstract views : 138 views : 157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Uji Kurnia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.