HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DAN IKLIM ORGANISASI DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL GURU

Yuyun Elizabeth Patras

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk membuktikan tingkat keeratan hubungan antara kepuasan kerja guru dan iklim organisasi dengan komitmen organisasional guru. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik korelasi melibatkan. Populasi penelitian ini guru sekolah dasar berstatus pegawai negeri sipil di Kecamatan Sawangan Depok dengan jumlah  sampel sebanyak 60. Temuan-temuan penelitian ini: (1) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepuasan kerja guru dengan komitmen organisasional guru; (2) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara iklim organisasi dengan komitmen organisasional guru; dan (3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepuasan kerja guru dan iklim organisasi secara bersama-sama dengan komitmen organisasional guru. Berdasarkan temuan-temuan tersebut bahwa komitmen organisasional guru dapat ditingkatkan secara signifikan sejalan dengan perbaikan kepuasan kerja guru dan iklim organisasi.

Keywords


kepuasan kerja; iklim organisasi; komitmen organisasional

References


A.A. Prabumangkunegara, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Colquitt, Jason A., Jeffery A. Lepine, dan Michael J. Wesson. OrganizationalBehavior. New York: McGraw-Hill Companies, Inc., 2009.

Cooper, Robert K. dan Shawaf Ayman Executive EQ, Kecerdasan Emosional dalam Kepemimpinan dan Organisasi, terjemahan Gramedia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Gibson, James L., Ivancevich John, Donelly H. James, and Konopaske Robert. Organization. Behavior, Structure, Processes. New York: McGraw-Hill/Irwin, 2006.

G.S. Dorisamy, Hubungan Tekanan Kerja dan Kepuasan Kerja dengan Komitmen Terhadap Organisasi: Satu Kajian di fbu Pejabat Jabatan Kerja Raya Malaysia.Universiti Utara Malaysia, 2007.

Ivancevich, John M. Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jakarta: Erlangga, 2007.

Khaerul Umam. Perilaku Organisasi. Bandung: Pustaka Setia, 2010.

Kreitner Robert and Angelo Kinicki. Organizational Behavior. New York: McGraw-Hill Irwin, 2008.

Newstrom, John W. Organizational Behavior, Human Behavior at Work. New York:McGrawHill inc, 2007.

Norlander Key A., Case Timoyhty, G Reagen, and Charles W. Case. Guru Profesional†Persiapan dan Pembimbingan Praktisi Pemiki. Jakarta: Indeks, 2009.

Prayitno. Dasar Teori dan Praktis Pendidikan. Jakarta: Grasindo, 2009.

Pupuh Fathurohman, M. SobriSutikno: Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama, 2007.

Riduwan. Dasar-dasar Statistika. Jakarta: Alfabeta, 2010.

Rita Retnowati. Metodologi Penelitian. Bogor: Universitas Pakuan, 2007.

Robbins, Stephen P. Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Terjemahan Halida. Jakarta: Erlangga, 2002

Rue, Leslie W. and Byars L. Lyloyd. Supervision. New York: McGraw-Hill Irwin, 2007.

Sambas Ali Muhidin dan Maman Abdurahman. Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Pustaka Setia, 2007.

Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2007.

Syaiful Sagala. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2000

Stroh, Linda K., Gregory B. Northcraft and Margaret A. Neale. Organizational Behavior, A Management Challenge. London: Lawrence Erlbaum Associate, 2002.

Spector, Paul E. Industrial and Organizational Psykology. New York: John Wiley&Sons,INC, 2007.

Sondang Siagian, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Sudarwan Danim, Khairil. Profesi Kependidikan, Bandung: Alphebeta, 2010.

Tedya Susadya. Lingkungan Kerja, Jember: Pesona Suya Milenia, 2008.

Wirawan. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat, 2009.

Wood, Maxwell Jack , John R. Schermerhorn, James G. Hunt, Richard N. Osborn, Organisastional Behaviour, A Global Perspective. Australia: John Wiley&Sons, 2001.

Yanti Warti, Hubungan antara Kepuasan Kerja guru dan Iklim kerja guru denganKomitmen Kerja Guru SDIT Jakarta, Jakarta: Program Pasca Sarjana UNJ, 2009.

Anon. http://www.smeru. or. id. April2004: When Teacher are Absent: Where dothey go and What is The Impact on Student, diakses 6 Maret 2011.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v9i1.6668 Abstract views : 145 views : 143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yuyun Elizabeth Patras

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.