PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEWARGANEGARAAN

Mugih Kasih Dwi Agustin, Wawan Syahiril Anwar

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan obyek yang diteliti dengan dua siklus. Tujuan dalam penelitian  ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas V melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Script. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Karadenan Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor yang terdiri dari 40 siswa, dengan komposisi 17 siswa perempuan dan 23 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus satu kali pertemuan. hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas proses pelaksanaan pembelajaran pada siklus pertama memperoleh nilai 82 dan siklus kedua memperoleh nilai 93,5. Begitu pula dengan hasil observasi aktivitas siswa menunjukan adanya peningkatan pada Kerjasama, Keberanian, Ketelitian siswa dengan memperoleh nilai pada siklus pertama 72 dan siklus kedua memperoleh nilai 82. adapun rata-rata hasil belajar pada siklus pertama memperoleh nilai rata-rata 69,7 dengan ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 62,5%. Pada siklus II terjadi peningkatan ratarata nilai hasil belajar menjadi 78,6 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 87,5%. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat memperbaiki proses hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Karadenan Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor.

Keywords


Hasil Belajar; Pendidikan Kewarganegaran; Cooperative Script

References


Erwin, Muhamad. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: PT Refika Aditama

Hadis, Abddul. 2012. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pembelajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Jihad, Asep dan Hadis. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Kaelan dan Zubaidi. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma Kurniasih, Imas. 2015. Model pembelajaran. Jakarta: Kata Pena

Purwanto . 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta.: Pustaka Pelajar

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Jakarta. Ar-Ruzz Media

Sudjana. Nana. 2005: Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Suprijono. Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Susanto. Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Syarbaini, Sayahrial. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Graha Ilmu

Tim Pengembangan MKDP. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Winaro. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Bumi Aksara


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v9i1.6669 Abstract views : 81 views : 64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mugih Kasih Dwi Agustin, Wawan Syahiril Anwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.