- Home
 
    - Vol 9, No 1 (2017)
     - Agustin
 
					
										
	
					
		
	PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEWARGANEGARAAN
	Mugih Kasih Dwi Agustin, Wawan Syahiril Anwar
	
			
		Abstract
		
		Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan obyek yang diteliti dengan dua siklus. Tujuan dalam penelitian  ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas V melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Script. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Karadenan Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor yang terdiri dari 40 siswa, dengan komposisi 17 siswa perempuan dan 23 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus satu kali pertemuan. hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas proses pelaksanaan pembelajaran pada siklus pertama memperoleh nilai 82 dan siklus kedua memperoleh nilai 93,5. Begitu pula dengan hasil observasi aktivitas siswa menunjukan adanya peningkatan pada Kerjasama, Keberanian, Ketelitian siswa dengan memperoleh nilai pada siklus pertama 72 dan siklus kedua memperoleh nilai 82. adapun rata-rata hasil belajar pada siklus pertama memperoleh nilai rata-rata 69,7 dengan ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 62,5%. Pada siklus II terjadi peningkatan ratarata nilai hasil belajar menjadi 78,6 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 87,5%. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat memperbaiki proses hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Karadenan Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor.
		
		 
	
			
		Keywords
		
		Hasil Belajar; Pendidikan Kewarganegaran; Cooperative Script
		
		 
	
			
		References
		
		
							Erwin, Muhamad. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: PT Refika Aditama
							Hadis, Abddul. 2012. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta
							Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pembelajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
							Jihad, Asep dan Hadis. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
							Kaelan dan Zubaidi. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma Kurniasih, Imas. 2015. Model pembelajaran. Jakarta: Kata Pena
							Purwanto . 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta.: Pustaka Pelajar
							Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Jakarta. Ar-Ruzz Media
							Sudjana. Nana. 2005: Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Suprijono. Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
							Susanto. Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
							Syarbaini, Sayahrial. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Graha Ilmu
							Tim Pengembangan MKDP. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
							Winaro. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Bumi Aksara
					 
		
		 
	
				
			Full Text:
									
PDF
														
							
		
		DOI: 
10.55215/pedagogia.v9i1.6669																				
    
 
 Abstract views : 312 

 views : 196
Refbacks
				- There are currently no refbacks.
 
	
												
																					
								Copyright (c) 2022 Mugih Kasih Dwi Agustin, Wawan Syahiril Anwar
																						
																	

This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.