PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS XI

Evi Evi, Rina Rosdiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media film pendek dalam meningkatkan kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMK YMA Megamendung Bogor dan untuk mengetahui kendala yang dialami siswa dalam menulis teks cerpen melalui media film pendek. Teknik yang digunakan yaitu teknik eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMK YMA Megamendung Bogor yang terdiri dari empat kelas APK, satu kelas UPW, dan dua kelas PM. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI APK 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 40 siswa dan XI APK 4 sebagai kelas kontrol berjumlah 40 siswa. Hipotesis pertama teruji kebenarannya dengan melihat nilai rata-rata di kelas eksperimen yang semula 43,8 meningkat menjadi 82,7. Kemudian dapat dilihat juga dari perhitungan mean diperoleh harga t0,99 = 2,39 dan t0,95 = 1,67. Dengan demikian t0 lebih besar daripada tt 1,67 lebih kecil dari 3,42 lebih besar dari 2,39. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media film pendek dapat meningkatkan kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMK YMA Megamendung Bogor. Hipotesis kedua teruji kebenarannya berdasarkan hasil angket yang diperoleh menunjukkan bahwa setiap pertanyaan tentang kendala dalam menulis teks cerpen menggunakan media film pendek berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan responden bahwa terdapat berbagai kendala yang dialami siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis teks cerpen. Dengan demikian, dapat disimpulkan hipotesis yang dirumuskan oleh peneliti baik hipotesis pertama maupun hipotesis kedua dapat teruji kebenarannya berdasarkan data yang yang diperoleh.

Keywords


Kemampuan Menulis; Teks Cerpen; Media Film Pendek

Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v9i1.6688 Abstract views : 80 views : 295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Evi Evi, Rina Rosdiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.