Hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Kecerdasan Emosional dengan Komitmen Terhadap Organisasi Guru SMK Negeri se Kota Depok

Nita Karmila, Rachmawati Rachmawati

Abstract


Penelitian ini digolongkan dalam penelitian korelasional yang terdiri atas dua variabel bebas yaitu motivasi berprestasi dan kecerdasan emosional serta satu variabel terikat yaitu komitmen terhadap organisasi. Penelitian dilaksanakan pada guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil di SMK Negeri se-Kota Depok dengan jumlah sampel sebanyak 77 orang yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Metode yang digunakan yaitu survei dengan pendekatan korelasional. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji statistik korelasi dan regresi linier sederhana serta korelasi dan regresi linier ganda. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menghasilkan tiga kesimpulan yaitu: Pertama, terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan komitmen terhadap organisasi yang ditunjukan dengan koefisien korelasi koefisien korelasi ry1 = 0,973 dan persamaan regresi Ŷ = 43,746+0,694X1. Kedua, Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan komitmen terhadap organisasi yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi ry2 = 0,985 dan persamaan regresi Ŷ = 88,642+0,417X2. Ketiga, Terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi berprestasi dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan komitmen terhadap organisasi yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi ry12= 0,970 dan persamaan regresi Ŷ = 80,718+0,118X1+0,348X2. Berdasarkan kesimpulan di atas, implikasi hasil penelitian adalah komitmen terhadap organisasi dapat ditingkatkan melalui motivasi berprestasi dan kecerdasan emosional.

Keywords


Motivasi Berprestasi; kecerdasan emosional; komitmen kepada organisasi

Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v9i2.7180 Abstract views : 66 views : 45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nita Karmila, Rachmawati Rachmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.