Hubungan antara Pengetahuan Shalat dengan Keterampilan Gerakan dan Bacaan Shalat

Fadlih Eka Permana, Tatang Muhajang, Dadang Kurnia

Abstract


Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif yang terdiri dari pengetahuan shalat sebagai variabel bebas, dan variabel terikatnya yaitu keterampilan gerakan dan bacaan shalat.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan shalat terhadap keterampilan gerakan dan bacaan shalat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2016 dan menggunakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen pertanyaan tertutup untuk variabel pengetahuan shalat dan rubrik penilaian keterampilan untuk variabel keterampilan gerakan dan bacaan shalat. Uji validitas instrumen pengetahuan shalat dihitung menggunakan rumus Product Moment Pearson dan untuk uji reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Instrumen yang sudah valid dan realibel digunakan untuk menguji hipotesis yaitu hubungan antara pengetahuan shalat dengan keterampilan gerakan dan bacaan shalat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel total, dimana seluruh responden sebanyak 40 siswa menjadi sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hubungan variabel pengetahuan shalat dan variabel keterampilan gerakan dan bacaan shalat adalah analsis deskriptif untuk mengetahui koefisien korelasi dari hasil instrumen.Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara pengetahuan shalat dengan keterampilan gerakan dan bacaan shalat siswa Sekolah Dasar Negeri Tegal Jaya 01 Kabupaten Bogor, dengan koefisien korelasi sebesar 0,174 yang berarti hubungan antara variabel sangat rendah.

Keywords


Pengetahuan Shalat; Gerakan dan Bacaan Shalat; Kuantitatif

Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v9i2.7183 Abstract views : 84 views : 89

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fadlih Eka Permana, Tatang Muhajang, Dadang Kurnia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.