Implementasi Pembelajaran Biologi Berbasis Multiple Intellegence di SMA Inkusi School Of Human Jatisampurna-Bekasi

Adam Abdul Hakim, Suci Siti Lathifah, Surti Kurniasih

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembelajaran biologi berbasis multiple intellegence di SMA Inklusi School of Human Jatisampurna Bekasi. Penelitian dilaksanakan mulai Januari – Juli 2018 dengan beberapa informan yaitu guru biologi, direktur sekolah, principal sekolah, kepala sekolah, kepala kurikulum, kepala ruang inklusi, buddy, siswa dan orang tua siswa. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik terhadap subjek penelitian yang ada di lapangan dan diperoleh data yang berasal dari wawancara dan observasi, serta data dari studi dokumentasi. Berdasarkan analisis data yag dilakukan melalui analisis antar situs dan dalam situs, pembelajaran biologi berbasis multiple intellegence dibagi menjadi 3 proses diantaranya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran dimulai dengan siswa melakukan tes MIR (multiple intellegence research) untuk melihat dominansi kecerdasan siswa. Kompetensi inti mengacu pada main subject yaitu character building, creativity, enterpreneur, dan problem solving. Aktivitas pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan saintifik. Pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan multistrategi mengajar dalam memfasilitasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran menggunakan penilaian autentik terdiri dari afektif sikap, kognitif pengetahuan, psikomotorik keterampilan dengan laporan perkembangan siswa berupa raport portopolio yang berisi perkembangan character building, creativity, enterpreneur, dan problem solving. Pembelajaran berbasis multiple intellegence menyebabkan gaya mengajar guru sesuai dengan gaya belajar siswa.

Keywords


Pembelajaran Berbasis Multiple Intellegence; Perencanaan Pembelajaran; Pelaksanaan Pembelajaran ;Evaluasi Pembelajaran; Multiple Intellegence Research

Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v11i1.7189 Abstract views : 127 views : 221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Adam Abdul Hakim, Suci Siti Lathifah, Surti Kurniasih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.