Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

Dita Ayu Lestari, Tatang Muhajang, Dadang Kurnia

Abstract


Penelitian ini dengan desain pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan secara kolaboratif dan tiga siklus. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sekolah Dasar Negeri 6 Cicadas yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses pembelajaran siklus I mencapai 70,5, siklus II 75,25, dan siklus III 89,75. Hasil belajar pada aspek sikap siklus I yaitu 63, siklus II 69 dan siklus III 82. Pada hasil belajar aspek keterampilan siklus I memperoleh hasil 63, siklus II 68 dan siklus III 83. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I memperoleh persentase sebesar 53,33%, siklus II 73,33% dan siklus III 86,67%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan pada Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia.

Keywords


Hasil Belajar; Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v11i1.7191 Abstract views : 60 views : 76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dita Ayu Lestari, Tatang Muhajang, Dadang Kurnia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.