Hubungan Kemandirian Belajar dengan Percaya Diri Siswa

Indah Novitasari, Sandi Budiana, Saur Tampubolon

Abstract


Hubungan Kemandirian Belajar dengan Percaya Diri Siswa. Penelitian ini menggunakan studi korelasional yang terdiri dari Kemandirian Belajar variabel bebas dan Percaya Diri Siswa variabel terikat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan positif antara kemandirian belajar dengan percaya diri siswa. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Layungsari Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas dan Liliefors untuk variabel Kemandirian Belajar dan Percaya Diri Siswa yang hasilnya menunjukkan bahwa Lhitung lebih kecil dari Ltabel (0,0508 lebih kecil dari 0,1195) artinya kedua variabel tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Fisher dengan hasil menunjukkan bahwa Fhitung lebih kecil dari Ftabel yaitu 1,09 lebih kecil dari 3,44 yang berarti kedua variabel dari populasi yang diteliti berdistribusi homogen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi dan korelasi serderhana. Kedua analisis tersebut menghasilkan suatu hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi Ŷ = 28,50 + 0,49X bersifat signifikan. Kekuatan hubungan kemandirian belajar dengan percaya diri siswa memiliki koefisien determinasi (KD) = 0,29 atau 29 persen percaya diri siswa ditentukan oleh kemandirian belajar. Kemudian dilihat dari hasil perhitungan semua data H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara Kemandirian Belajar dengan Percaya Diri Siswa.

Keywords


Kemandirian Belajar; Percaya Diri

Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v11i1.7193 Abstract views : 154 views : 819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indah Novitasari, Sandi Budiana, Saur Tampubolon

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.