Analisis Penggunaan Metode Cooperatif Learning dengan Model Round Table dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Kompleks di SMA

Muhamad Firman Al-Fahad

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan mengetahui efektifitas penggunaan metode cooperatif learning dengan model round table dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks di SMA PGRI 3 Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan pretest-posttest design dengan purposive sampling dalam pengambilan sampelnya. Data yang didapatkan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, angket respons, dan hasil kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks siswa. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan statistik menunjukkan peningkatan. Berdasarkan prates terhadap kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata yang didapat kelas eksperimen adalah 25,23 dan tahap pascates dengan nilai 34.8; sedangkan untuk kelas kontrol nilai yang didapatkan pada tahap prates sebesar 28,31 dan tahap pascates sebesar 32,69. Selanjutnya, data hasil uji normalitas pada prates menulis teks eksplanasi di kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Setelah itu dilanjutkan dengan uji homogenitas yang menunjukkan data homogen. Karena data berdistribusi homogen, maka dilakukan uji-t dengan hasil 0, 072 lebih besar dari α 0,05, maka data menunjukkan tidak terdapat perbedaan hasil menulis teks eksplanasi. Dapat disimpulkan Ho diterima, karena tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis teks eksplanasi di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan penerapan metode pembelajaran round table. Data hasil uji normalitas pada pascates menulis teks eksplanasi di kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Setelah itu dilanjutkan dengan uji homogenitas yang menunjukkan data tidak homogen. Karena data tidak berdistribusi homogen, maka dilakukan uji-t’ dengan hasil 0,032 lebih kecil dari α 0,05, maka data menunjukkan terdapat perbedaan hasil menulis teks eksplanasi. Dapat disimpulkan Ho ditolak, karena terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis teks eksplanasi di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan penerapan meodel pembelajaran round table.

Keywords


metode pembelajaran round table; hasil penelitian

Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v11i1.7194 Abstract views : 156 views : 127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhamad Firman Al-Fahad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.