Penerapan Supervisi Terhadap Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial Pada Lingkungan Sekolah

Rahimah Febri Yanti, Jamilus Jamilus

Abstract


Pendidikan bagi pendidik sangat penting dijalankan karena pendidikan merupakan suatu wadah bagi pendidik untuk dapat menimbah ilmu dalam suatu tempat tertentu demi meningkatkan suatu tujuan. Dengan kata lain pendidikan dapat terjalankan dengan baik apabila memerhatikan proses proses tertentu seperti persiapan apa saja yang harus dibekali bagi tenaga kependidikan. Supervisi merupakan suatu kegiatan pembinaan yang berkaitan dengan membimbing tenaga pendidikan atau kependidikan untuk memberikan suatu peningkatan dalam mutu belajar mengajar demi tercapainya tujuan dari pendidikan itu sendiri. Dalam menjalankan supervisi pendidikan terdapat beberapa kendala atau permasalahan yang timbul seperti kurangnya persiapan dalam menjalankan supervisi, kurangnya berkolaborasi yang berkaitan dengan kompetensi sosial dalam meningkatkan supervisi pendidikan. jadi supervisi dapat terjalankan dengan baik apabila pada suatu pendidikan itu menyesuaikan dan memperhatikan kendala yang timbul pada saat penerapan supervisi ini demi meningkatkan kompetensi sosial pada lingkungan sekolah. alasan peneliti dalam melakukan penelitian ini adalah peneliti ingin mengkaji dan memaparkan permasalahan apa saja yang timbul dalam proses penerapan supervisi terhadap tenaga kependidikan dalam meningkatkan kompetensi sosial pada lingkungan sekolah. Tujuan peneliti dalam penelitian ini adalah peneliti ingin memaparkan solusi apa saja yang timbul dalam proses penerapan supervisi ini terdahadap tenaga kependidikan dalam meningkatkan kompetensi sosial pada lingkungan sekolah. Harapan peneliti kepada peneliti selanjutnya adalah peneliti selanjutnya dapat memaparkan penerapan apa saja yang timbul yang tidak dibahas pada penelitian ini.

Keywords


Supervisi; Kependidikan; Kompetensi siosial; Sekolah

References


Asmani, J. M. (2016). Great teacher! : Kiat sukses menjadi guru inspiratif, inovatif, dan motivatif. Diva Press.

Cahyani, F. D., & Andriani, F. (2014). Hubungan antara persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial guru dengan motivasi berprestasi siswa akselerasi di sma negeri i gresik. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 3(2), 77-88.

Huda, M. N. (2017). Peran Kompetensi Sosial Guru dalam pendidikan. Ta'dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 42-62.

Husein, L. (2017). Profesi Keguruan: Menjadi guru profesional. Pustaka Baru Press.

Isnawati, N. (2010.). Guru positif-motivatif: Buku pintar para guru agar bisa menjadi teladan yang Iispiratif dan motivatif bagi anak-anak didiknya. Laksana.

Muspiroh, N. (2016). Peran kompetensi sosial guru dalam menciptakan efektifitas pembelajaran. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(2).

Panjaitan, J. Y. (2012). Analisis Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Guru Kimia SMA serta Hubungannya dengan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Siswa di kabupaten Langkat (Doctoral dissertation, UNIMED).

Rahmawati, A., & Nartani, C. I. (2018). Kompetensi Sosial Guru Dalam Berkomunikasi Secara Efektif Dengan Siswa Melalui Kegiatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd Negeri Rejowinangun 3 Kotagede Yogyakarta. Trihayu, 4(3), 259031.

Ramayulis. (2013). Profesi & etika keguruan. Kalam Mulia.

Siswoyo, D. (2013). Ilmu Pendidikan. UNY Press.

Suharsaputra, U. (2013). Menjadi guru berkarakter. Refika Aditama.

Tarida, N. (2015). Hubungan Kompetensi Kepribadian Dan Kompetensi Sosial Kepala Sekolah Dengan Kepuasan Kerja Guru Smp Negeri di Kota Pematangsiantar. EducanduM, 8(2), 84-90.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v15i1.7631 Abstract views : 76 views : 79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 rahimah febri yanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.