Analisis Keterampilan Mengajar Mahasiswa dalam Tugas Mata Kuliah Strategi Perencanaan dan Pembelajaran

Byonda Usa Aprilindiana, Ananda Fitriani Kusuma Dewi, Firda Fadlila Rahma, Rian Damariswara

Abstract


Penelelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran apa adanya tentang bagaimana keterampilan mahasiswa Program Studi Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang sedang melaksanakan praktik mengajar untuk memenuhi tugas semester 2 mata kuliah Strategi Perencanaan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (SPPSD) di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif. Mahasiswa PGSD yang telah melakukan praktik mengajar sudah menunjukkan kemampuan dasar mengajar yang baik, namun masih perlu perbaikan dalam beberapa indikator. Meningkatkan kemampuan dalam merencanakan pembelajaran yang efektif, memberikan penguatan yang tepat, dan mengelola kelas dengan baik adalah hal yang perlu diperhatikan. Selain itu, penting bagi mahasiswa untuk terus mengembangkan keterampilan mereka dalam membimbing siswa, menjelaskan konsep secara terstruktur, dan menggunakan media pembelajaran yang kreatif.

Keywords


keterampilan mengajar; strategi perencanaan; Mahasiswa PGSD pembelajaran

References


Erlina Rufaidah, E. R., Anisa, M., & Kodri, K. (2019). The Effect Of Domino Game Learning Media On Student Learning Achievements. Journal of Reseacrh in Business, Economics, and Education, 1(2), 239-246.

Han, J., & Yin, H. (2016). Teacher motivation: Definition, research development and implications for teachers. Cogent education, 3(1), 1217819.

Johar, R., & Hanum, L. (2016). Strategi belajar mengajar. Deepublish.

Nadlir, N. (2013). Perencanaan pembelajaran berbasis karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), 339-352.

Nasution, W. N. (2017). Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan dan Prosedur. ITTIHAD, 1(2), 185–195.

Nurramadhani, A., Lathifah, S. S., & Permana, I. (2020). Students' generated questions quality by developing STEM-based e-module in science learning. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 134-152.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana.

Soekamto, H., & Handoyo, B. (2022). Perencanaan pembelajaran geografi (Dilengkapi Kurikulum Merdeka). Bayfa Cendekia Indonesia.

Song, D. (2016). Student-generated questioning and quality questions: A. Research Journal of Educational Studies and Review, 2(5), 58-70.

Sundari, F. S., & Muliyawati, Y. (2017). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PGSD. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 26–36.

Sutisnawati, A. (2017). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Pendidikan Dasar, 8(1), 15–24.

Uno, H. B. (2023). Perencanaan pembelajaran. Bumi Aksara.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v15i1.8401 Abstract views : 90 views : 91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Firda Fadlila Rahma, Ananda Fitriani Kusuma Dewi, Byonda Usa Aprilindiana, Rian Damariswara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.