Analisis Efikasi Diri Pada Siswa Sekolah Dasar Selama Masa Pandemi Covid-19

Karina Lestari, Sandi Budiana, Rini Sri Indriani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi bagaimana efikasi diri siswa sekolah dasar, terutama siswa kelas atas selama masa pandemi Covid-19. Efikasi diri berperan krusial bagi siswa untuk berinteraksi pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pendekatan studi kasus pada siswa sekolah dasar, terutama kelas atas. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar waawncara tersturktur, lembar observasi, dan dokumentasi. Analissi data menggunakan metode triangulasi data. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah siswa merasa bingung dalam melaksanakan adaptasi pembelajaran dari pada awal pandemi melanda. Hal ini menyebabkan menurunnya efikasi diri siswa, namun berangsur-angsur siswa sudah mulai beradaptasi, maka efikasi diri siswa mulai meningkat. Siswa sudah memiliki efikasi diri yang cukup baik meskipun dalam keadaan pandemi covid-19. Dapat disimpulkan bahwa efikasi diri yang baik pada siswa dapat membawa pengaruh yang baik pada dirinya dan masyarakat serta dalam proses belajar mengajar. Efikasi diri siswa lebih terlihat ketika pembelajaran dilaksanakan secara luring dibandingkan daring.

Keywords


Efikasi Diri; Efikasi Siswa; Sekolah Dasar; Pandemi Covid-19

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Desrinelti, D., Neviyarni, N., & Murni, I. (2021). Perkembangan siswa sekolah dasar: tinjauan dari aspek bahasa.

Dwiyono, H. Y. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Deepublish.

Gufron, M. N., & Risnawita, R. (2016). Teori-Teori Psikologi, yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gunarsa, S. D. (1991). Psikologi praktis: anak, remaja dan keluarga. BPK Gunung Mulia.

Hadi, M. F. Z., Yusuf, A. M., & Syahniar, S. (2013). Pemahaman Konselor Sekolah tentang Tugas Perkembangan Siswa dan Layanan yang Diberikan. Konselor, 2(1).

Magdalena, I. (2021). Perkembangan Peserta Didik Sekolah Dasar. CV Jejak (Jejak Publisher).

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran efikasi diri dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 109.

Saifuddin, A. (2022). Psikologi Umum Dasar. Prenada Media.

Sari, T. T. (2020). Self-efficacy dan dukungan keluarga dalam keberhasilan belajar dari rumah di masa pandemi Covid-19. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 4(2), 127-136.

Sihaloho, L., Rahayu, A., & Wibowo, L. A. (2018). Pengaruh metakognitif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi melalui efikasi diri siswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 6(2), 121-136.

Zagoto, S. F. L. (2019). Efikasi diri dalam proses pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 386-391.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v15i2.8446 Abstract views : 80 views : 33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Karina Lestari, Sandi Budiana, Rini Sri Indriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.