Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernafasan

Amanda Laiqa Hardani, Tustiyana Windiyani, Yuli Mulyawati

Abstract


Pendekatan yang diambil adalah eksperimen quasi desain dua grup di SDIT Al Muhajirin Depok  yang terdiri dari 68 Siswa, penelitian ini dilakukan pada semester gasal tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh “Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernafasan. Hal ini terlihat dari N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 81, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 74. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 91% sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 71%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (2,3522) lebih besar dari ttabel (1,9966). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara “Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernafasan”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran yang inovatif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar serta membuat proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efesien.

Keywords


Hasil belajar; Model Discovery Learning

References


Ana, N. Y. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851

Astuti, M. S. (2015). Peningkatan Keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SDN Slungkep 03 Menggunakan Model Discovery Learning. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 10. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p10-23

Astuti, M. S. (2015). Peningkatan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa kelas 2 SDN Slungkep 03 menggunakan model Discovery Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 10-23.

Devitasari, Y., Hidayat, R., & Kurnia, D. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Subtema Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 1(1), 8–14.

Kristin, F., & Rahayu, D. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas 4 SD. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 84. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p84-92

Maharani, B. Y. dan Hardini. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(5), 549–561.

Mutmainna, M., & Jafar, A. F. (2015). Komparasi Hasil Belajar Fisika Melalui Metode Discovery Learning dan Assignment and Recitation. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika), 3(1), 46–51.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103

Qodariyah, L., & Hendriana, H. (2015). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematik Siswa SMP melalui Discovery Learning. Edusentris, 2(3), 241-252.

Reinita. 2020. Pengaruh Penerapan Model Discovery LearningTerhadap Hasil Belajar Siswa.

Simanjuntak, R., Napitupulu, R. P., & Simarmata, R. K. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Tema 2 Kelas V SD Swasta Advent. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 3922-3938.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Windiyani, T., Novita, L., & Permatasari, A. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Gambar Fotografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 91. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2776

Yuliana, N. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 21-28.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v15i1.8447 Abstract views : 75 views : 70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 amanda laiqa hardani, Tustiyana Windiyani, Yuli Mulyawati Yuli Mulyawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.