Pengaruh Sikap Percaya Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Lingkungan Dan Manfaatnya

Niken Kurniawati, Rais Hidayat, Nur Hikmah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara sikap percaya diri siswa terhadap hasil belajar subtema lingkungan dan manfaatnya.Metode penelitian ini menggunakan survei dengan pendekatan studi kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik Sekolah Dasar Negeri di Kota Bogor. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, kemudian dilakukan pengujian homogenitas. Data yang dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh sikap percaya diri siswa terhadap hasil belajar subtema lingkungan dan manfaatnya. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,45. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 20,7%, yang berarti setiap kenaikan unit sikap percaya diri menyebabkan kenaikan hasil belajar siswa sebesar 0,42 unit. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara sikap percaya diri siswa terhadap hasil belajar subtema lingkungan dan manfaatnya di Sekolah Dasar Negeri Kota Bogor.

Keywords


Percaya Diri; Hasil Belajar Siswa; Sekolah Dasar

References


Adiyanta, F. S. (2019). Hukum dan studi penelitian empiris: Penggunaan metode survey sebagai instrumen penelitian hukum empiris. Administrative Law and Governance Journal, 2(4), 697-709.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86.

Anggreni, M. A. (2017). Penerapan bermain untuk membangun rasa percaya diri anak usia dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 1(1), 1-8.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.

Hapasari, A., & Primastuti, E. (2014). Kepercayaan diri mahasiswi papua ditinjau dari dukungan teman sebaya. Psikodimensia, 13(1), 60.

Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44-48.

Lailiana, N. A., & Handayani, A. (2017). Motivasi Berprestasi Ditinjau dari Komitmen Terhadap Tugas Pada Mahasiswa. Paper presented at the Proceedings Education and Language International Conference.

Maâ, S. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar?. HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 35(1), 31-46.

Portes, P. R. (1999). Social and psychological factors in the academic achievement of children of immigrants: A cultural history puzzle. American Educational Research Journal, 36(3), 489-507.

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri œX. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 7(1), 43-49.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Sundari, R. T. (2019). Pengaruh Sikap Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa (Penelitian Survei di Kelas V Sekolah Dasar Wilayah Desa Cicalengka Wetan Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Syam, A., & Amri, A. (2017). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis kaderisasi IMM terhadap prestasi belajar mahasiswa (studi kasus di program studi pendidikan biologi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah parepare). Jurnal Biotek, 5(1), 87-102.

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2).

Vandini, I. (2016). Peran kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).

Vernon, P. E. (2014). Intelligence and Cultural Environment (Psychology Revivals): Routledge.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v15i2.8448 Abstract views : 84 views : 34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Niken Kurniawati, Rais Hidayat, Nur Hikmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.