Perbedaan Hasil Belajar Siswa SMA Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Student Teams Achievement Division (STAD)

Rismawati Rismawati, Muhammad Taufik Awaludin, Raden Teti Rostikawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa SMA menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan STAD pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu quasi experimental. Populasi dalam penelitian ini siswa SMA. Kelas eksperimen I diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan jumlah siswa 33 siswa. Sedangkan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan menggunakan model STAD dengan jumlah siswa 33 siswa. Hasil menunjukkan bahwa kelompok kelas model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dalam pencapaian hasil belajar dengan rata-rata N-Gain 40,58 dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan rata-rata N-Gain 30,27. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t pada taraf signifikan α = 0,05, diperoleh thitung 53,15 sedangkan ttabel sebesar 1,669 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang belajar menggunakan model inkuiri terbimbing dan STAD. Diantara kedua model eksperimen, model pembelajaran Inkuiri Terbimbing lebih memperlihatkan pengaruh yang signifikan terhadap Hasil Belajar siswa SMA.

Keywords


Hasil belajar; Model pembelajaran; Inkuiri Terbimbing; Student Teams Achievement Division; STAD

References


Anam, K. (2019). Pembelajaran berbasis inkuiri metode dan aplikasi.

Ariningsih, N. L. T., Fitriani, H., & Safnowandi, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Educatoria: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(4), 248-261.

Asih, T. (2018). Perkembangan tingkat kognitif peserta didik di kota Metro. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(1), 9-17.

Isnaini, F., & Kurniawan, M. I. (2020). The Concept of STAD (Student Team Achievement Division) Cooperative Learning Model According to Robert E. Slavin. Indonesian Journal of Education Methods Development, 10, 10-21070.

Jayawardana, H. B. A., & Gita, R. S. D. (2020, August). Inovasi pembelajaran biologi di era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (Vol. 6, No. 1, pp. 58-66).

Mintania, F. (2013). Penerapan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah siswa kelas XI IPA semester II SMA Negeri 5 Malang pada materi pokok koloid (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Najib, A., & Achadiyah, B. N. (2012). Pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 9(1).

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Sista, T. R. (2017). Implementasi manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan. Educan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).

Slavin, E. Robert. 2008. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung ; Nusa Media.

Yuhasnil, Y. (2020). Manajemen kurikulum dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(2), 214-221.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v15i2.8677 Abstract views : 131 views : 67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Risma Wati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.