Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Materi IPA

Jihan Auliyawati, Oktian Fajar Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran ular tangga pada mata pelajaran IPA dan mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi siswa sekolah dasar setelah menggunakan media pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan yaitu Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development and Implementation, Evaluation). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini dihasilkan media pembelajaran ular tangga berukuran besar 5x5 meter dengan mengadaptasi teknologi didalamnya, sehingga media ular tangga ini mendapat kategori validasi layak dari ahli media, dan mendapat kategori validasi penilaian sangat layak dari ahli bahasa. Sedangkan validasi desain dengan kategori sangat layak. Penggunaan media pembelajaran ular tangga pada materi IPA telah meningkatkan motivasi siswa sekolah dasar, sebelum menggunakan media pembelajaran ular tangga, motivasi siswa sekolah dasar ada pada kategori baik, kemudian mengalami peningkatan setelah menggunakan media belajar ular tangga menjadi kategori sangat baik. Sedangkan hasil N-Gain, media belajar ular tangga masuk dalam kategori sedang mencapai angka 0,66 dalam kategori cukup efektif. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ular tangga pada materi IPA sangat layak digunakan di sekolah dasar dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Keywords


Media Pembelajar Ular Tangga; Motivasi Belajar; Ilmu Pengetahuan Alam; Sekolah Dasar

References


Afifah, T. M. N., & Nugroho, O. F. (2021). Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Masa Pandemi.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Hakim, S. A., & Syofyan, H. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar IPA di kelas IV SDN Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta Barat. International Journal of Elementary Education, 1(4), 249-263.

Khoir, M. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Mi Dengan Media Permainan Tradisional Di Kampung Main Mojopahit. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3, 61–80.

Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020). Pengembangan instrumen penilaian untuk mengukur motivasi belajar siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249-257.

Lestari, P. A., Nurhikmah, E., Farhani, F., Pauziah, H., Winati, I., Isnawan, O. A. R., ... & Nugroho, O. F. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva bagi Guru di SDN 9 Nagrikaler Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 2(1), 47-54.

Mutia. (2021). Caracteristics Of Children Age Of Basic Education. FITRAH. 3(1), 1–18.

Ningrum, A. P., Setyosari, P., & Soepriyanto, Y. (2022). Pengembangan Storytelling Untuk Pengenalan Pemrograman Sederhana Dengan Pendekatan Object Oriented Programming Di Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), 172-179.

Nugroho, O. F., Permanasari, A., & Firman, H. (2019). Program Belajar berbasis STEM untuk Pembelajaran IPA: Tinjauan Pustaka, dengan Referensi di Indonesia. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 117-125.

Nurliana, E., & Nugroho, O. F. (2021). ANALISIS HASIL BELAJAR DALAM PENGGUNAAN QUIZIZZ PADAPEMBELAJARAN IPA. In Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin (Vol. 4.

Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa Kelas Iv. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2),72-79.

Rizqo, N., Mansur, H., & Mastur, M. (2021). Pengembangan Media Ular Tangga Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Journal of Instructional Technology, 1(1), 36-43.

Safira, C. A., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).

Susanto, R., & Rozali, Y. A. (2020). Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik. Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis motivasi belajar dan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90-101.

Syofyan, H., & Ismail, I. (2018). Pembelajaran Inovatif dan Interaktif dalam Pembelajaran IPA Innovative And Interactive In Science Learning. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).

Syofyan, H., Zulela, M. S., & Sumantri, M. S. (2019). Pengembangan awal bahan ajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 52-67.

Wahyuningrum, S., Hardiyanti, R. P., Pardede, L. O. E., Putri, R. R., & Mujazi, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Secara Online. In Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin (Vol. 3).


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v15i2.9117 Abstract views : 81 views : 39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jihan Auliyawati, Oktian Fajar Nugroho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.