Kepemimpinan Sebagai Agen Perubahan dalam Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru
Abstract
Keywords
References
Anissyahmai, A., Rohiat, R., & Juarsa, O. (2017). Supervisi Akademik Kepala Sekolah. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 11(1).
Ariyani, R. (2017). Kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru. Al-Afkar: Manajemen pendidikan Islam, 5(1).
Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional guru dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64-73.
Austins, A., Wahyuni, D., Riski, D., Titin, T., & Yuniarti, A. (2023). Kompetensi yang Diperlukan Bagi Guru dan Siswa Sesuai Kerangka Kompetensi Nasional dan Global. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 28967-28973.
Azizah, A. N. I., Abrori, M. S., Sabrina, A., Dzakiyyah, A., Hasan, A. M., Putra, A. S. A., ... & Ivany, Z. (2024). Profesi Keguruan: Menjadi Guru Profesional. Penerbit Tahta Media.
Chen, W. C. (2012). Professional growth during cyber collaboration between pre-service and in-service teachers. Teaching and Teacher Education, 28(2), 218-228.
Firmadani, F. (2021). Strategi pengembangan kompetensi profesional guru sekolah menengah atas. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(2), 192-207.
Fitri, A. A., & Permatasari, T. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 669-677.
Gunawan, A., & Imam, I. K. (2023). Guru Profesional: Makna dan Karakteristik. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya, 1(2), 181-185.
Hanaris, F. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Strategi Dan Pendekatan Yang Efektif. Jurnal Kajian Pendidikan dan Psikologi, 1(1 Agustus), 1-11.
Husniati, R., Setiadi, I. K., Pangestuti, D. C., & Nugraheni, S. (2022). Tantangan Guru Dalam Penyelenggaraan Pembelajaran Di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0. Batara Wisnu: Indonesian Journal of Community Services, 2(1), 134-145.
Iskandar, J. (2017). Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1).
Jamrizal, J. (2022). Pengaruh Perencanaan, Pengorganisasian dan Pengawasan Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah (Literature Review Manajemen pendidikan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 479-488.
Kadarsih, I., Marsidin, S., Sabandi, A., & Febriani, E. A. (2020). Peran dan tugas kepemimpinan kepala sekolah di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 194-201.
Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).
Lubis, L. (2020). Konsep Kepemimpinan Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Era
Madusila, Y. S., & Moh, I. R. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dan Profesionalis Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan Nasional (JIPNAS), 2(1), 45-50.
Mahardhani, A. J. (2016). Kepemimpinan ideal kepala sekolah. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 1-4.
Ma'ruf, M. W., & Syaifin, R. A. (2021). Strategi pengembangan profesi guru dalam mewujudkan suasana pembelajaran yang efektif. Al-Musannif, 3(1), 27-44.
Muafatun, S., & Rohman, M. M. (2021). Potret Guru Ideal Dalam Pendidikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. AL-ALLAM, 2(1), 53-67.
Musbikin, I. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Yang Hebat, Riau: Zanafa Publishing.
Nabila, A., & Fathurrohman, N. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9544-9549.
Nata, A. (2012). Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grapindo Persada.
Putri, W. N., & Nugroho, M. A. (2016). Strategi Pengembangan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Madrasah. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(2), 313-340.
Saerang, H. M., Lembong, J. M., Sumual, S. D. M., & Tuerah, R. M. S. (2023). Strategi pengembangan profesionalisme guru di era digital: Tantangan dan peluang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 65-75.
Sholeh, M. (2016). Keefektifan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Jakarta: Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan
Siregar, W., & Lubis, M. J. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Manajemen Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3867-3874.
Sitompul, B. (2022). Kompetensi guru dalam pembelajaran di era digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13953-13960.
Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258-264.
Syahril, S. (2019). Teori-teori kepemimpinan. Ri'ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 4(02), 208-215.
Tampubolon, M. (2022). Dinamika Kepemimpinan. SKYLANDSEA PROFESIONAL Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Teknologi, 2(1), 1-7.
Waliudin, A. S., Mutohar, P. M., & Maunah, B. (2022). Peran Dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Guru Pada SMAN 1 Srengat Kabupaten Blitar. SKILLS: Jurnal Riset Dan Studi Manajemen Pendidikan Islam, 88-95.
Yasin, I. (2022). Guru Profesional, Mutu Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 61-66.
Zain, A. (2022). Manajemen pendidikan: Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan akreditasi. Penerbit Insania.
DOI: 10.55215/pedagogia.v16i1.9421 Abstract views : 98 views : 111
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Yulia Agustina, Enur Mutiah, Erna Radja, Erwin Misbahudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.