Mind Mapping: Implementasi Model Pembelajaran Terhadap Pemahaman Konsep Aljabar Linier dan Matriks

Aliffia Teja Prasasty, Nur Arifiya

Abstract


Pembelajaran aljabar linier dan matriks merupakan bagian integral dari kurikulum pendidikan tinggi di berbagai bidang studi, termasuk matematika, ilmu komputer, teknik, dan ilmu sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar terutama pada mata kuliah aljabar linier dan matriks, selain itu penelitian ini juga untuk mengetahui pemahaman konsep aljabar linier dan matriks mahasiswa yang mendapatkan model pembelajaran dengan mind mapping. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, sedangkan populasi penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas R2D dan R2E mahasiswa Program Studi Teknik Industri, dimana kelas R2D sebagai kelas eksperimen dan R2E sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran mind mapping terhadap pemahaman konsep pada mata kuliah aljabar linier dan matriks. Hal ini dilihat dari hasil kemampuan pemahaman konsep mahasiswa diakhir pembelajaan.

Keywords


Kemampuan Pemahaman konsep; Matriks dan aljabar linier; Mind mapping

References


Apriyani, D., C., N. (2015). Upaya peningkatan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa dengan pembelajaran kooperatif tipe thinking aloud pairs problem solving pada mata kuliah aljabar linier. Beta. Jurnal Tadris Matematika, 8(2), 142-152.

Brinkmann, A. (2003). Mind mapping as a tool in mathematics education. The Mathematics Teacher, 96 (2), 96-101.

Buzan, T., & Buzan, B. (1994). The Mind map book: How to use radiant thinking to maximize your brain’s untapped potential. New York: Dutton.

Edwards, Sarah, & Cooper., N. (2010). Mind Mapping as a Teaching Resource. The Clinical Teacher, 7, 236–239.

Firdaus, M., A. (2022). Model Model Pembelajaran PAI 1st ed. Bandung: Rajawali Press.

Mustangin & Debora, A. (2009). Penerapan global learning dan mind mapping dalam pembelajaran matematika sebagai jaringan konsep. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 295-309

Nursuprianah, I. & Sholikhah, M. (2009). Analisis kesulitan mahasiswa dalam memahami mata kuliah aljabar matriks (Studi kasus pada semester IV tadris matematika tahun akademik 2008/2009 di STAIN Cirebon). Jurnal EduMa, 1(1), 75-84.

Rosita, C. D., Laelasari, & Noto, M. S. (2014). Analisis kemampuan pemahaman matematis mahasiswa pada mata kuliah aljabar linier 1. Jurnal Euclid, 1(2), 60-69.

Rosita, C. D., Laelasari, L., & Noto, M. S. (2014). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Aljabar Linear 1. Euclid, 1(2).

Rusman, R. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225(87), 48-61.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).

Velasco, Q., M., R. & Joaquin, M., N., B. (2015). Mind mapping with proofblocks: Effects on student geometric level of thinking and mathematics self-efficacy. The 7th ICMI-East Asia Regional Conference on Mathematics Education 11-15 May 2015, Cebu City, Philippines, 525-534.

Wilson, L. O. (2016). Anderson and Krathwohl–Bloom’s taxonomy revised. Understanding the new version of Bloom's taxonomy.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v16i1.9765 Abstract views : 134 views : 66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aliffia Teja Prasasty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.