Penerapan Sumber Belajar Berbasis Lingkungan Masyarakat dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
References
Aini, A., H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Ips Kelas Iv Sd Negeri 12 Rambutan. In Jurnal Guru Kita PGSD (Vol. 6(3), 268. https://doi.org/10.24114/jgk.v6i3.35961
Ali, M., Ardi, M., & Tahmir, S. (2018). Penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup Di Perguruan Tinggi Dengan Model Outdoor Learning. UNM Environmental Journals, 1(3), 77-81.
Arif, M., Rahmayanti, J., D., & Rahmawati, F., D. (2021). Penanaman Karakter Peduli Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 289–308. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.802
Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02
Fauziah, R., Montessori, M., Miaz, Y., & Hidayati, A. (2021). Pembinaan Karakter Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6357–6366. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1727
Hermanto, H., Japar, M., & Utomo, E. (2019). Implementasi Pembelajaran ilmu pengetahuan Sosial (IPS) dalam membentuk karakter siswa sekolah sasar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 1. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i1a1.2019
Herrington, J., Reeves, T. C., & Oliver, R. (2014). Authentic learning environments (pp. 401-412). Springer New York.
Holden, A. (2016). Environment and tourism. Routledge.
Inah, E. N., Ghazali, M., & Santoso, E. (2017). Hubungan belajar mandiri dengan prestasi belajar PAI di MTsN 1 Konawe Selatan. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 10(2).
Ismawaty, Q., Tinggi, S., Islam, A., & Batam, S. (2021). Pemanfaatan Sumber Belajar Berbasis Potensi Lingkungan Di Kelompok Bermain Sejahtera Bangsa Pulau Buluh Kecamatan Bulang Kota Batam. Jurnal Adzkiya, 5(2), 79–93.
Mahanal, S. (2019). Asesmen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 51. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.128
Mitchell, T., Cohen, W., Hruschka, E., Talukdar, P., Yang, B., Betteridge, J., ... & Welling, J. (2018). Never-ending learning. Communications of the ACM, 61(5), 103-115
Olasehinde, K. J., & Olatoye, R. A. (2014). Scientific attitude, attitude to science and science achievement of senior secondary school students in Katsina State, Nigeria. Journal of Educational and Social Research, 4(1), 445-452.
Purnamawati, H. (2016). Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sekitar Sekolah Pada Siswa Kelas V SDN Deyangan 2. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 2838–2849.
Puspitasari, E. (2016). Inovasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(1), 25–40. http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/324
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.
Rahmawati, U. N. A. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar di MIM Pundungrejo Tahun Pelajaran 2019/2020. JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues), 1(1), 16-25.
Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48-60.
Safira, C., A., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi permasalahan pembelajaran ipa pada siswa kelas III SDN Buluh 3 Socah. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).
Sugiyono, P. D. (2020). (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan Ke). Bandung: Alfabeta.
Supardan, D. (2022). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial: Perspektif Filosofi dan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.
Widiastuti, E. H. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Mata Pelajaran IPS. Satya Widya,33(1),29. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p29-36
Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2014). Hakikat belajar dan pembelajaran. Hakikat Belajar dan Pembelajaran, 4(1), 1-46.
Wuryastuti, S., & Ni’mah, I. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Mahasiswa Melalui Pembuatan Kompor Biogas. EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(2),120. https://doi.org/10.17509/eh.v5i2.2842.
DOI: 10.55215/pedagogia.v16i1.9794 Abstract views : 140 views : 64
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 nurrohmatul amaliyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.