Penerapan Sumber Belajar Berbasis Lingkungan Masyarakat dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Nurrohmatul Amaliyah, Syifa Nur Fauziah, Sabrina Anggun Kusuma, Fatimah Fatimah

Abstract


Tujuan peneliti ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kegiatan dan penerapan sumber belajar berbasis lingkungan Masyarakat sekitar dalam pembelajaran mata Pelajaran IPS di sekolah dasar dalam menumbuhkan minat belajar IPS. Fakta yang terjadi saat ini menunjukkan bahwa siswa ketika belajar IPS lebih asik dengan diri nya sendiri, lebih suka belajar di luar kelas yang menggunakan objek objek yang menarik dan tidak memperhatikan guru dan acuh terhadap teman yang lain hal ini menunjukkan bahwa minat belajar IPS siswa di sekolah dasar masih rendah. Maka dengan adanya penerapan sumber belajar berbasis lingkungan Masyarakat dapat mengisipkan karakter agar sisawa dapat merubah kebiasaan nya, menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar nya. Metode penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif yaitu metode penelitian yang menggambarkan karakteristik yang sedang di teliti oleh para pendidik. Fokus utama dari penelitian ini adalah menjelaskan objek penelitian nya, yang dimana akan menjawab apa peristiwa atau fenomena yang terjadi. Subjek penelitian ini adalah dua siswa laki-laki dan dua siswa perempuan yang akan memuat dua jenis lingkungan belajar yaitu lingkungan alam dan lingkungan buatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan belajar berbasis lingkungan di masyarakat membuat siswa dapat belajar IPS dan mendapatkan pengalaman tentang lingkungan sekitarnya.

Keywords


IPS sekolah dasar; Model pembelajaran berbasis lingkungan; Penerapan sumber belajar

References


Aini, A., H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Ips Kelas Iv Sd Negeri 12 Rambutan. In Jurnal Guru Kita PGSD (Vol. 6(3), 268. https://doi.org/10.24114/jgk.v6i3.35961

Ali, M., Ardi, M., & Tahmir, S. (2018). Penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup Di Perguruan Tinggi Dengan Model Outdoor Learning. UNM Environmental Journals, 1(3), 77-81.

Arif, M., Rahmayanti, J., D., & Rahmawati, F., D. (2021). Penanaman Karakter Peduli Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 289–308. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.802

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02

Fauziah, R., Montessori, M., Miaz, Y., & Hidayati, A. (2021). Pembinaan Karakter Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6357–6366. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1727

Hermanto, H., Japar, M., & Utomo, E. (2019). Implementasi Pembelajaran ilmu pengetahuan Sosial (IPS) dalam membentuk karakter siswa sekolah sasar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 1. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i1a1.2019

Herrington, J., Reeves, T. C., & Oliver, R. (2014). Authentic learning environments (pp. 401-412). Springer New York.

Holden, A. (2016). Environment and tourism. Routledge.

Inah, E. N., Ghazali, M., & Santoso, E. (2017). Hubungan belajar mandiri dengan prestasi belajar PAI di MTsN 1 Konawe Selatan. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 10(2).

Ismawaty, Q., Tinggi, S., Islam, A., & Batam, S. (2021). Pemanfaatan Sumber Belajar Berbasis Potensi Lingkungan Di Kelompok Bermain Sejahtera Bangsa Pulau Buluh Kecamatan Bulang Kota Batam. Jurnal Adzkiya, 5(2), 79–93.

Mahanal, S. (2019). Asesmen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 51. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.128

Mitchell, T., Cohen, W., Hruschka, E., Talukdar, P., Yang, B., Betteridge, J., ... & Welling, J. (2018). Never-ending learning. Communications of the ACM, 61(5), 103-115

Olasehinde, K. J., & Olatoye, R. A. (2014). Scientific attitude, attitude to science and science achievement of senior secondary school students in Katsina State, Nigeria. Journal of Educational and Social Research, 4(1), 445-452.

Purnamawati, H. (2016). Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sekitar Sekolah Pada Siswa Kelas V SDN Deyangan 2. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 2838–2849.

Puspitasari, E. (2016). Inovasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(1), 25–40. http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/324

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Rahmawati, U. N. A. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar di MIM Pundungrejo Tahun Pelajaran 2019/2020. JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues), 1(1), 16-25.

Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48-60.

Safira, C., A., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi permasalahan pembelajaran ipa pada siswa kelas III SDN Buluh 3 Socah. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).

Sugiyono, P. D. (2020). (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan Ke). Bandung: Alfabeta.

Supardan, D. (2022). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial: Perspektif Filosofi dan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Widiastuti, E. H. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Mata Pelajaran IPS. Satya Widya,33(1),29. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p29-36

Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2014). Hakikat belajar dan pembelajaran. Hakikat Belajar dan Pembelajaran, 4(1), 1-46.

Wuryastuti, S., & Ni’mah, I. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Mahasiswa Melalui Pembuatan Kompor Biogas. EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(2),120. https://doi.org/10.17509/eh.v5i2.2842.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/pedagogia.v16i1.9794 Abstract views : 140 views : 64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 nurrohmatul amaliyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.