PENGARUH LITERASI INFORMASI TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA

tatang muhajang, Monica Desiria Pangestika

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kausal.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi informasi terhadap efektivitas belajar siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner berskala lima untuk variabel literasi informasi dan efektivitas belajar siswa. Uji validitas instrumen literasi informasi dan efektivitas belajar siswa dihitung menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Pearson dan untuk koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukmajaya 5 Kota Depok yang berjumlah 143 siswa. Sampel yang diambil 60 siswa yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane.  Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas (Liliefors). Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas (Fisher). Data yang sudah dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh literasi informasi terhadap efektivitas belajar siswa. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu ? = X, dengan harga fhitung sebesar 25,21 lebih besar dari ftabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 4,01, dan konstribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 30%.Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh literasi informasi terhadap efektivitas belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Sukmajaya 5 Kota Depok tahun pelajaran 2017/2018.

 Kata kunci :Literasi Informasi, Efektivitas Belajar Siswa.

ABSTRACT

The study classified as research approach causal. The purpose of this study is to determine the effect of information literacy on the effectiveness of student learning. The data of this study were obtained by using a five-scale questionnaire for the variable literacy of information and the effectiveness of student learning. Test the validity of the instrument of information literacy and student's effectiveness is calculated using Product Moment Pearson Correlation Coefficient formula and for reliability coefficient calculated using Cronbach Alpha formula. The population in this study are the students of grade V of State Elementary School Sukmajaya 5 Depok City, amounting to 143 students. Samples taken by 60 students were obtained using Taro Yamane formula.Testing of prerequisite analysis in the form of normality test (Liliefors). After the test of normality then carried out testing homogeneity (Fisher). Data that has been expressed normal and homogeneous is used to test the hypothesis that the results show there is influence of information literacy on the effectiveness of student learning. The technique of simple correlation regression analysis yields a relationship model which is expressed in the form of regression equation that is ? = 49,97+0,56X, with price fcount 25,21 bigger than ftabel with real level 0,05 equal 4,01, and contribution based on research results of 30%.Based on the results of the above research, it can be concluded that there is impact of information literacy on the effectiveness of class V study at Primary School Sukmajaya 5 Depok year 2017/2018.

Keywords :Information Literacy, Student Effectiveness.


References


DAFTAR PUSTAKA

Abidin, Yunus. 2017. Pembelajaran Literasi (Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis). Jakarta: Bumi Aksara.

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fadilillah,dkk. 2014. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Prenamedia Group.

Faizah U, Dewi, dkk. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hanafiah, dkk. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kompri.2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mahmudi. 2007. Manajemen kinerja sektor publik. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Priyatni, Tri, dkk. 2017. Membaca Kritis dan Literasi Kritis. Jakarta: Tsmart.

Saefuddin, Asis. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Saleh S, Abdul, dkk. 2017. Literasi Informasi (Untuk Mahasiswa Institut Pertanian Bogor). Bogor: Perpustakaan IPB

Sani, Abdullah Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Septiyantono, Tri. 2016. Literasi Informasi. Tanggerang selatan : Universitas Terbuka

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, Mohamad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali pers.

Yusup, Pawit. M. 2016. Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Jakarta : Bumi Aksara.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/pedagog.v2i2.849 Abstract views : 9736 views : 6047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PEDAGONAL | JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.