PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Yuli Mulyawati, Sumardi Sumardi, Sri Elvira

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Serogol 03 Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2017/1018 dengan populasi berjumlah 93 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 48 siswa, yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi sebesar 10%. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala likert untuk variabel disiplin belajar dan tes objektif untuk variabel hasil belajar ilmu pengetahuan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara disiplin belajar terhadap hasil belajarilmu pengetahuan sosial, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien regresi (xy) sebesar 1,32 dan diperoleh thitung sebesar 13,23. Ini menunjukan adanya pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar ilm pengetahuan sosial, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,82 atau sebesar 82%. Hal ini berarti nilai hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa sebesar 82% ditentukan oleh disiplin belajar, melalui persamaan regresi ? = -120,01 +2,18X. Sisanya sebanyak 18% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara disiplin belajar terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial.

Kata Kunci : Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial


References


DAFTAR PUSTAKA

Andalucy, SS. Dkk. 2017. Disiplin Belajar Terhadap Akidah Akhlak. Vol 1 No 2.

Aqib, Zainal. 2011. Pendidikan Karakter Membangun Prilaku Positf Anak Bangsa. Bandung:Yrama Widya.

Imron, Ali. 2012. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Naim, Ngainun. 2012. Character Building; Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu &Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Ciawi – Bogor: Ghalia Indonesia Achdiyat., dkk. 2014.Dasar Pendidikan Sebagai Pengantar. Tanggerang: PT Pustaka Mandiri.

Saefullah,U. 2012. Psikologi Perkembangan dan Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sanjaya. Wina. 2008. Perencanan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup.

Sapriya. 2016. Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardjiyo dkk. 2014. Materi Pokok Pendidikan IPS di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sumaatmadja, Nursid. 2008.Materi Pokok Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencan.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/pedagog.v3i1.980 Abstract views : 4602 views : 2993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PEDAGONAL | JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.