STUDI KORELASIONAL ANTARA PENGETAHUAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PARTISIPASI SISWA DALAM KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH

Deni Setiawan, Indarti Komala Dewi, Yossa Istiadi

Abstract


 

Abstrak : Penelitian ini berjudul Studi Korelasional antara Pengetahuan
Lingkungan Hidup dan Kecerdasan Emosional dengan Partisipasi Siswa dalam
Kebersihan Lingkungan Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan kedua variabel bebas baik secara sendiri-sendiri maupun secara
bersama-sama dengan variabel terikat. Penelitian ini menggunakan metode survey
dengan jumlah responden 210. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
Multystage Proportional Random Sampling. Analisis data menggunakan korelasi
dan regresi sederhana serta korelasi dan regresi ganda. Pengujian hipotesis
dilakukan dengan taraf signifikan 0,05 dan 0,01. Penelitian menghasilkan
kesimpulan: terdapat hubungan positip yang signifikan antara pengetahuan
lingkungan hidup dengan partisipasi siswa dalam kebersihan lingkungan sekolah,
terdapat hubungan positip yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan
partisipasi siswa dalam kebersihan lingkungan sekolah, terdapat hubungan positip
yang signifikan antara pengetahuan lingkungan hidup dan kecerdasan emosional
secara bersama-sama dengan partisipasi siswa dalam kebersihan lingkungan
sekolah.

Kata kunci: Pengetahuan Lingkungan, Kecerdasan Emosional, Partisipasi
Kebersihan


References


Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (Eds.), A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman, 2001

An-Nabhani, Taqiyyuddin, Peraturan Hidup Dalam Islam.Jakarta : Pustaka Thariqul “Izzah, 1993

Arnstein, Sherry, “A Ladder of Citizen Participation”, Journal of the American Institute of Planners (AIP JOURNAL), 1969

Dewi Aniyati dkk, Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk SMP/MTs kelas VII, Arya Duta, Depok,2010

Jujun S. Suriasumantri, Ilmu dalam Perspektif. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia, 2006

Kiki Zakiah, Chairiawaty dan Yenny Yuniati, “Pola Komunikasi Kelompok Lembaga Pemberdayaan Perempuan Mandiri”, Jurnal Penelitian Komunikasi, Vol. 15, No. 1, 2012

M. Darwis Hude,” Emosi”, Jakarta : Penerbit Erlangga,2002

Moestika Hadi Soedomo, Pencemaran Udara. Bandung : Penerbit Institiut Teknologi Bandung (ITB), 2001

Muhammad Yaumi, Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta : Dian Rakyat, 2012.

Rahmad Pulung Sudibyo, “Partisipasi Masyarakat Sub Urban dalam Pembangunan Kota Malang”, Jurnal HUMANITY, Vol.1, No.2, 2006

Rosita Manurung, “Persepsi dan Partisipasi Siswa Sekolah Dasar Dalam Pengelolaan Sampah di Lingkungan Sekolah”, Jurnal Pendidikan Penabur, Vol. No.10, 2008

Robert K. Cooper, Ph. D., “Kecerdasan Emosional dalam Kepemimpinan Organisasi”, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, 2002

Sherry Arnstein, “A Ladder of Citizen Participation”, Journal of the American Institute of Planners (AIP JOURNAL), July1969

Suprihanto Notodarmojo, Pencemaran Tanah dan Air Tanah. Bandung: ITB Press, 2005

Suma’mur P. K, Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja, PT Toko Gunung Agung, Jakarta, 1997

Tri Marhaeni Pudji Astuti, “Ekofeminisme dan Peran Perempuan Dalam Lingkungan”, Indonesian Journal of Conservation, Vol.1, No.1, 2012

Umi Hidayati, Sujanti, Hery Wahyuningtyastuti dan Pantyo Nugroho Probokusumo, Pengkajian Partisipasi Masyarakat dalam Penanganan Masalah Sosial Perempuan Korban Tindak Kekerasan. Yogyakarta : Departemen Sosial RI, 2005

Wasis dan Sugeng YuliIrianto, Ilmu Pengetahuan Alam SMP dan /MTs Kelas VII (bse).Bandung : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Pemerintah Propinsi Jawa Barat, 2009

Yuliani Nurani Sujiono, Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka, 2008


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.