STUDI KORELASIONAL ANTARA PENGETAHUAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PARTISIPASI SISWA DALAM KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH
Abstract
Abstrak : Penelitian ini berjudul Studi Korelasional antara Pengetahuan
Lingkungan Hidup dan Kecerdasan Emosional dengan Partisipasi Siswa dalam
Kebersihan Lingkungan Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan kedua variabel bebas baik secara sendiri-sendiri maupun secara
bersama-sama dengan variabel terikat. Penelitian ini menggunakan metode survey
dengan jumlah responden 210. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
Multystage Proportional Random Sampling. Analisis data menggunakan korelasi
dan regresi sederhana serta korelasi dan regresi ganda. Pengujian hipotesis
dilakukan dengan taraf signifikan 0,05 dan 0,01. Penelitian menghasilkan
kesimpulan: terdapat hubungan positip yang signifikan antara pengetahuan
lingkungan hidup dengan partisipasi siswa dalam kebersihan lingkungan sekolah,
terdapat hubungan positip yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan
partisipasi siswa dalam kebersihan lingkungan sekolah, terdapat hubungan positip
yang signifikan antara pengetahuan lingkungan hidup dan kecerdasan emosional
secara bersama-sama dengan partisipasi siswa dalam kebersihan lingkungan
sekolah.
Kata kunci: Pengetahuan Lingkungan, Kecerdasan Emosional, Partisipasi
Kebersihan
References
Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (Eds.), A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman, 2001
An-Nabhani, Taqiyyuddin, Peraturan Hidup Dalam Islam.Jakarta : Pustaka Thariqul “Izzah, 1993
Arnstein, Sherry, “A Ladder of Citizen Participation”, Journal of the American Institute of Planners (AIP JOURNAL), 1969
Dewi Aniyati dkk, Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk SMP/MTs kelas VII, Arya Duta, Depok,2010
Jujun S. Suriasumantri, Ilmu dalam Perspektif. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia, 2006
Kiki Zakiah, Chairiawaty dan Yenny Yuniati, “Pola Komunikasi Kelompok Lembaga Pemberdayaan Perempuan Mandiri”, Jurnal Penelitian Komunikasi, Vol. 15, No. 1, 2012
M. Darwis Hude,” Emosi”, Jakarta : Penerbit Erlangga,2002
Moestika Hadi Soedomo, Pencemaran Udara. Bandung : Penerbit Institiut Teknologi Bandung (ITB), 2001
Muhammad Yaumi, Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta : Dian Rakyat, 2012.
Rahmad Pulung Sudibyo, “Partisipasi Masyarakat Sub Urban dalam Pembangunan Kota Malang”, Jurnal HUMANITY, Vol.1, No.2, 2006
Rosita Manurung, “Persepsi dan Partisipasi Siswa Sekolah Dasar Dalam Pengelolaan Sampah di Lingkungan Sekolah”, Jurnal Pendidikan Penabur, Vol. No.10, 2008
Robert K. Cooper, Ph. D., “Kecerdasan Emosional dalam Kepemimpinan Organisasi”, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, 2002
Sherry Arnstein, “A Ladder of Citizen Participation”, Journal of the American Institute of Planners (AIP JOURNAL), July1969
Suprihanto Notodarmojo, Pencemaran Tanah dan Air Tanah. Bandung: ITB Press, 2005
Suma’mur P. K, Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja, PT Toko Gunung Agung, Jakarta, 1997
Tri Marhaeni Pudji Astuti, “Ekofeminisme dan Peran Perempuan Dalam Lingkungan”, Indonesian Journal of Conservation, Vol.1, No.1, 2012
Umi Hidayati, Sujanti, Hery Wahyuningtyastuti dan Pantyo Nugroho Probokusumo, Pengkajian Partisipasi Masyarakat dalam Penanganan Masalah Sosial Perempuan Korban Tindak Kekerasan. Yogyakarta : Departemen Sosial RI, 2005
Wasis dan Sugeng YuliIrianto, Ilmu Pengetahuan Alam SMP dan /MTs Kelas VII (bse).Bandung : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Pemerintah Propinsi Jawa Barat, 2009
Yuliani Nurani Sujiono, Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka, 2008
Refbacks
- There are currently no refbacks.