HUBUNGAN ANTARA KESADARAN KESEHATAN KELUARGA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PARTISIPASI IBU RUMAH TANGGA DALAM MEMELIHARA KEBERSIHAN SUNGAI

Reni Hestiani, Indarti Komala Dewi

Abstract


Abstrak : Kondisi masyarakat yang sehat tidak terlepas dari peranan kelurga terutama ibu rumah tangga dalam merawat dan memelihara lingkungan tempat tinggalnya. Adapun kaitannya dengan penelitian ini adalah seberapa besar partisipasi ibu rumah tangga dalam menjaga kebersihan sungai yang diawali dengan kegiatan di lingkungan sekitar rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survey, yaitu penelitian yang ditujukan untuk mengkaji populasi besar maupun kecil dengan menyeleksi dan mengkaji sampel yang dipilih dari populasi itu untuk menemukan insidensi, distribusi dan interrelasi relatif dari variabel-variabel.

Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara kesadaran kesehatan keluarga dengan partisipasi ibu rumah tangga dalam memelihara kebersihan sungai yang ditunjukkan dengan persamaan regresi Ý1 = 59,462 + 0,5136 X1 adalah sangat signifikan. Sedangkan hubungan antara kecerdasan emosional dengan partisipasi ibu rumah tangga dalam memelihara kebersihan sungai yang ditunjukkan dengan persamaan regresi Ý1 = 40,804+ 0,6761 X2 adalah sangat signifikan. Hubungan antara kesadaran kesehatan keluarga dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan partisipasi ibu rumah tangga dalam memelihara kebersihan sungai diperoleh persamaan regresi Ý12 = 39,6 + 0,255 X1 + 0,419 X2. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kesadaran kesehatan keluarga dan kecerdasan emosional secara bersama-sama maka semakin tinggi partisipasi ibu rumah tangga dalam memelihara kebersihan sungai.

 

Kata kunci : Kesadaran kesehatan keluarga, kecerdasan emosional, partisipasi ibu rumah tangga dalam memelihara kebersihan sungai


References


Alisyahbana, Anna. Manusia, Kesehatan, dan Lingkungan Kualitas Hidup dalam Perspektif Perubahan Lingkungan Global. Bandung: PT. Alumni, 2010.

Danim, Sudarwan. Motivasi, Kepemimpinan, dan Efektivitas Kelompok. Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2004.

Davis, Keith, dan John W. Newstrom. Human Behavior At Work Organizational Behavior. Singapore: Mc.Graw-Hill Book Company, 1985.

Feldman, Robert S. Understanding Psychology. New York: Mc. Graw Hill, 2008.

Goleman, Daniel. Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2009.

Hunt, R. Reed. Fundamental of Cognitive Psychology. New York: Mc.Graw Hill Companies, 2004.

Irene, Siti Astuti Dwiningrum. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Kenny Amanda, Nerida Hyett, John Sawtell, Virginia Dickson-Swift, Jane Farmer and Peter O’Meara. Community Participation in Rural Health: A Scoping Review. Australia: BMC Health Service Research, 2013.

Lahey, Benjamin B. Essential of Psychology. New York: Mc-Graw Hill Companies, 2002.

Mulia, Ricki M. Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Graha Ilmu UIEU, 2005.

Neolaka, Amos. Kesadaran Lingkungan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2008.

Siahaan, N.H.T. Hukum Lingkungan dan Ekologi Pembangunan Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga, 2004.

Srivastava, Ashok K and Girishwar Misra. Publishing Intelligence Conceptualising Human Competence in Cultural Context. New Delhi: Concept Publishing Company, 2007.

Suharsono. Melejitkan IQ, EQ, dan SQ. Tangerang: Ummah Publishing, 2009.

Sukarni, Mariyati. Kesehatan Keluarga dan Lingkungan. Yogyakarta: Kanisius, 1994.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.